Friday 13 September 2019

Jadi Terpelajar Silabus Kurikulum 2013 Untuk Smp Dan Sma


Silabus Kurikulum 2013 Untuk Sekolah Menengah Pertama dan SMA. Silabus merupakan rancangan minimal pembelajaran yang dijadikan dasar bagi guru untuk membuatkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang diadaptasi dengan kondisi sekolah, akseptor didik, dan masyarakat yang dilayani oleh suatu satuan pendidikan.

Sehingga sanggup sinergi antara pihak sekolah dengan masyarakat alasannya yaitu inti dari tujuan kurikulum 2013 yaitu untuk membina huruf bangsa melalui akseptor didik yang menjadi generasi penerus bangsa.

Pengisian Kolom Silabus


a. Identitas mata pelajaran
Diisi dengan nama mata pelajaran. Untuk Sekolah Menengan Atas ditambahkan dengan status mata pelajaran yaitu mata pelajaran wajib (untuk SMA/SMK) dan mata pelajaran Kelompok Peminatan

b. Kompetensi Inti
Kompetensi Inti diisi dengan Kompetensi Inti yang sudah ditetapkan untuk masing-masing sekolah dan kelas

c. Kompetensi Dasar
Kompetensi Dasar diisi dengan Kompetensi dasar yang telah dikembangkan. Terdiri atas KD-1 ditulis 1.1 , KD-2 ditulis 2.1, KD-3 ditulis 3.1, KD-4 ditulis 4.1. KD-3 dan KD-4 diisi yang mempunyai bahan sama selalu dituliskan berurutan dalam kotak untuk yang sama untuk satu bahan pokok atau tema

d. Materi Pokok/Tema
Dalam kolom Materi Pokok dicantumkan nama/label bahan pokok.
Nama/label bahan pokok ditentukan pengembang silabus menurut penamaan yang biasa di mata pelajaran tersebut menyerupai nama konsep atau peristiwa. Satu bahan pokok dikembangkan dari satu atau lebih KD 3

e. Pembelajaran
Kolom Pembelajaran merupakan rincian aktivitas berguru dari mengamati, menanya, mengumpulkan data/mengeksperimenkan/mengeksplorasikan, mengasosiasikan, dan mengomunikasikan untuk setiap bahan pokok atau tema.

Rincian aktivitas tersebut haruslah terkait dengan isi dari Materi Pokok tapi harus memberi kesempatan kepada guru untuk mengembangkannya lebih rinci dalam RPP.

Rincian Pembelajaran perlu memperhatikan kondisi sekolah dan guru di seluruh tanah air dengan keterbatasan yang mereka miliki dalam guru dan fasilitas

f. Penilaian
Kolom evaluasi diisi dengan rincian alat evaluasi hasil belajar  yang akan dipakai sesuai dengan jenis bahan hasil belajar  menyerupai fakta, konsep, prosedur, sikap, dan sebagainya.

Pengembang silabus perlu memikirkan alat evaluasi hasil berguru mana yang paling sesuai untuk mendapat warta yang sahih dari hasil belajar

Banyaknya instrumen evaluasi yang dipakai ditentukan menurut jenis bahan hasil berguru dan kemudahan pengembangan alat evaluasi hasil belajar

Setiap mata pelajaran sanggup menentukan dan menambah alat evaluasi hasil berguru dari yang tercantum dalam kolom Penilaian

g. Alokasi Waktu
Alokasi Waktu ditentukan menurut pertimbangan mengenaibeban berguru yang dibutuhkan akseptor didik untuk mempelajari isi dari suatu bahan pokok. Dalam pertimbangan mengenai beban berguru perlu diperhatikan bahwa proses pembelajaran memerlukan waktu yang cukup bagi akseptor didik untuk mencari dalam bentuk mengamati, bertanya, mengumpulkan warta (eksplorasi/eksperimen atau bentuk lain).

Mengolah warta dalam bentuk mengasosiasikan data temuan dari aktivitas mengumpulkan informasi, mengkomunikasikan hasil dari aktivitas mengasosiasi dalam bentuk tulisan, lisan, media lain.

Kegiatan-kegiatan tersebut memerlukan waktu yang panjang dan masuk dalam pertimbangan dikala menentukan alokasi waktu.

Kolom Alokasi waktu ditulis dengan jumlah ahad yang dibutuhkan untuk mempelajari isi bahan pokok menurut jam pelajaran yang tercantum dalam struktur kurikulum. Jam pelajaran tersebut yaitu satuan yang tetap.

Bentuk penulisan 2 mg X 4 jp dan artinya bahan pokok tersebut dirancang untuk dipelajari akseptor didik selama 2 (dua) ahad dan setiap ahad 4 (empat) jam pelajaran. Alokasi waktu jam pelajaran efektif 35 s.d. 36 ahad per tahun.

h. Sumber Belajar
Kolom sumber berguru memuat sumber yang minimal harus dipelajari akseptor didik dan dipakai guru. Oleh alasannya yaitu itu dalam menentukan sumber berguru harus dipertimbangkan kondisi sekolah di seluruh tanah air. Buku pelajaran yang diterbitkan pemerintah yaitu buku stadar yang harus digunakan, ditambah dengan sumber lain dalam banyak sekali jenis dan bentuk.

Silabus SMP
Silabus SMA

Semoga sanggup membantu dan bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Amin...

No comments:

Post a Comment