Friday 13 September 2019

Jadi Bakir Kelebihan Dan Kekurangan Penerapan Ppdb Online


Setiap menjelang tahun fatwa baru, sekolah jauh hari mempersiapkan segala sesuatu untuk mendapatkan siswa baru. Tentu saja orang bau tanah juga sibuk untuk mendaftar. Memilih dan memilah sekolah mana yang cocok dan pas untuk anaknya, tentu saja sesuai dengan kemampuan masing-masing.

Sudah beberapa tahun terakhir ini, ada akomodasi online untuk penerimaan peserta didik gres (PPDB). Beberapa pihak telah mencoba menerapkan Teknologi Informasi (TI) pada proses PPDB. Walau pun sudah memanfaatkan TI, proses PPDB juga berlangsung secara sanggup berdiri diatas kaki sendiri di sekolah masing-masing. Dari hal itu, tentu saja ada kelebihan dan kekurangan dari penerapan PPDB online ini.

Kelebihan penerapan PPDB online


1. Efisiensi Pelaksanaan PPDB

Sistem PPDB daring menjadi mahal bila sistem dibangun sendiri oleh sekolah atau dinas. Tetapi biaya sistem PPDB menjadi sangat terjangkau bila dinas pendidikan memakai jasa layanan yang telah tersedia ibarat SIAP PPDB Online dari Telkom Indonesia.

Beberapa penyedia bahkan telah menyediakan layanan PPDB secara gratis. Pihak dinas tinggal fokus pada bidang dan keahliannya, yaitu menciptakan kebijakan seleksi PPDB yang baik dan melayani masyarakat selama proses PPDB.

2. Memudahkan Masyarakat

Di periode yang serba online ibarat kini ini, dimana hampir semua orang pegang internet apalagi sudah zamannya smartphone. Dengan demikian, adanya PPDB online ini sanggup memudahkan masyarakat untuk mendaftar ke sekolah pilihan mereka tanpa memantau pribadi ke sekolah sebab cukup dilakukan dari smartphone mereka.

3. Seleksi yang Terbuka, Jujur, dan Adil

Teknologi isu yang dibangun dengan baik dan benar sanggup mengakibatkan proses PPDB berlangsung secara terbuka, jujur, dan adil sesuai dengan hukum dan kebijakan yang diberlakukan.

4. Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan

Masyarakat Indonesia kini ialah masyarakat yang pintar, terbuka, dan demokratis. Selain bersifat terbuka dan adil, masyarakat kini menuntut layanan pemerintahan yang gampang dan cepat. Dalam layanan berbasis TI perlu adanya sistem TI yang dirancang dengan baik sehingga layanan bisa diakses secara cepat dan gampang pula. Namun membangun sistem TI yang baik dan andal juga bukan hal yang mudah.

5. Ketersediaan Data Pendidikan yang Absah

Keterlibatan pihak ketiga sebagai penyedia sistem PPDB bila dilakukan kerjasama yang baik dengan pihak yang bisa dipercaya akan menghilangkan adanya pelanggaran terhadap keamanan dan kerahasiaan data. Data yang dikelola oleh pihak yang andal dan terpercaya akan meningkatkan kepercayaan masyarakat pada sistem PPDB.

Data dan isu yang masuk selalu dipastikan kebenarannya kemudian dikelola untuk menghasilkan data yang akurat. Sistem daring tidak hanya bisa diakses melalui internet, tapi juga bisa memproses data secara cepat dalam waktu-nyata. Jika ada data gres atau berubah di detik ini, data tersebut sudah harus bisa ditampilkan pada detik selanjutnya. Dengan pengolahan data secara daring waktu-nyata, sistem PPDB meminimalkan kesalahan data.

Kekurangan penerapan PPDB online


1. Berbiaya Mahal

Alasan biaya mahal yang dikeluhkan pada sistem PPDB mengacu pada dua hal, yaitu biaya pembuatan dan biaya pelaksanaan. Biaya pembuatan sistem PPDB secara teknis memang mahal, mencakup antara lain penyediaan komputer server, pembangunan sistem sesuai kebijakan yang berlaku, serta biaya training bagi operator registrasi di sekolah-sekolah.

Biaya pelaksanaan PPDB juga dianggap mahal sebab kebutuhan komputer pada proses pendaftaran, kebutuhan langganan sambungan internet di daerah pendaftaran, serta biaya sosialisasi metode gres PPDB yang belum banyak dikenal masyarakat.

2. Masyarakat Belum Paham Internet

Proses registrasi melalui aplikasi dianggap terlalu canggih bagi masyarakat kita. Sistem belum waktunya untuk diterapkan pada masyarakat kita yang oleh sebagian kalangan masih dianggap gagap teknologi alias gaptek. Alih-alih akan memudahkan pelaksanaan PPDB, dikhawatirkan sistem akan mempersulit siswa dan orang tuanya dalam mengikuti PPDB. Ditambah lagi biaya sambungan internet yang dianggap menambah beban biaya siswa dan orang tuanya dalam mengikuti PPDB secara online.

3. Tidak Kebal Kecurangan

Sistem PPDB online dianggap tidak bisa menuntaskan persoalan klasik dalam proses PPDB, yaitu kecurangan. Walaupun hampir seluruh penyedia sistem PPDB online menyatakan PPDB secara online akan mencegah terjadinya kecurangan, namun pada prakteknya kecurangan-kecurangan ditengarai masih tetap terjadi.

4. Sistem yang Tidak Layak

Dalam beberapa pelaksanaan PPDB online di beberapa kota, terjadi masalah dimana sistem yang dipakai tergangggu ibarat sambungan internet yang lambat alias lemot, situs web PPDB tidak bisa diakses, hasil penerimaan yang tidak sesuai dengan hukum yang berlaku, dan beberapa gangguan lainnya. Dalam beberapa kasus, gangguan sistem bisa mengakibatkan kericuhan di masyarakat, ibarat demonstrasi dan tindakan penyegelan sekolah atau dinas pendidikan, akhir ketidak-puasan masyarakat pada proses dan hasil pelaksanaan PPDB online.

5. Jaminan Keamanan Data

Beberapa sistem PPDB online disediakan oleh pihak ketiga yang bukan dari lingkungan Kemendikbud. Hal ini menjadi perhatian sebagian kalangan dan mempertanyakan jaminan keamanan data PPDB yang berada di server milik pihak ketiga tersebut. Kekhawatiran ini cukup beralasan sebab data-data dalam proses PPDB bisa dimanfaatkan untuk hal-hal negatif bila jatuh pada pihak yang tidak bertanggung jawab. Apalagi di jaman kini kejahatan di internet semakin marak terjadi.

Nah dari semua klarifikasi diatas, tentu kita sudah bisa menilai. dimana ada kelebihan disitu niscaya ada kekurangan juga. Kita laksanakan, kita sukseskan pelaksanaan PPDB online dengan segala kemudahan yang ada, namun kita juga harus waspada terhadap pengaruh negatif yang mungkin terjadi.

Referensi : /search?q=

No comments:

Post a Comment