Friday 13 September 2019

Jadi Arif Perbedaan Model Contextual Teaching And Learning Dan Think Pair Share


Perbedaan Model Contextual Teaching and Learning dan Think Pair Share. Untuk lebih gampang mengetahui perbedaan model pembelajaran CTL dengan model pembelajaran TPS berdasarkan beberapa sumber.

aku jelaskan dalam bentuk tabel berikut ini.

Perbedaan Model Pembelajaran CTL Dengan Model Pembelajaran TPS


NO.CTLTPS
1.Pengajaran atau dalam proses KBM siswa dikaitkan pribadi dengan pemasalahan atau konteks kehidupan nyataPengajaran atau dalam proses KBM tidak harus permasalahan kehidupan sehari-hari
2.Jumlah siswa yang ganjil tidak berdampak pada pembentukan kelompokJumlah siswa yang ganjil berdampak pada pembentukan kelompok atau pasangan
3.Dalam setiap kelompok tidak dibatasi jumlah anggotanya atau lebih dari 2 orangDalam setiap kelompok dibatasi hanya 2 orang (berpasangan) anggotanya
4.Pembagian kelompok secara hidrogen (pandai, kurang pandai, cepat dan lambat memberi tanggapan)Pembagian kelompok atau pasangan secara acak
5.Lebih usang membentuk kelompoknyaLebih cepat membentuk kelompoknya
6.Jika ada perselisihan dalam kelompok masih ada penengah sebab jumlah anggotanya lebih dari 2 orangJika ada perselisihan dalam kelompok tidak ada penengah sebab hanya terdiri dari 2 orang
7.Lebih sedikit kelompok yang terbentukLebih banyak kelompok yang terbentuk
8.Setelah diberikan permasalahan siswa pribadi membentuk kelompok dan mendiskusikan tanggapan dari permasalahan tersebutSetelah diberikan permasalahan siswa masih diminta memikirkan tanggapan dari permasalahan tersebut selanjutnya membentuk kelompok dan mendikusikan hasil pemikirannya dengan kelompok atau pasangannya

Referensi/Pustaka:
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Renika Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:Rineka Cipta.
Lie, Anita. 2002. Cooperatif Learning. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

No comments:

Post a Comment