Friday 13 September 2019

Jadi Terpelajar Makalah Konsep Insan Dalam Islam


Makalah Konsep Manusia Dalam Islam. Berbicara dan berdiskusi perihal insan selalu menarik. Karena selalu menarik, maka masalahnya tidak pernah selesai dalam artia tuntas. Pembicaraan mengenai makhluk psikofisik ini laksana suatu permainan yang tidak pernah selesai. Selalu ada saja pertanyaan mengenai insan (Rif'at Syauqi Nawawi, 1996 : 1). Manusia merupakan makhluk yang paling menakjubkan, makhluk yang unik multi dimensi, serba meliputi, sangat terbuka, dan memiliki potensi yang agung.

Timbul pertanyaaan siapakah insan itu? Pertanyaan ini nampaknya amat sederhana, tetapi tidak gampang memperoleh tanggapan yang tepat. Biasanya orang menjawab pertanyaan tersebut berdasarkan latar belakangnya, kalau seseorang yang menitik beratkan pada kemampuan insan berpikir, memberi pengertian insan yaitu "animal rasional", "hayawan nathiq" "hewan berpikir".

Al-Qur'an, mendudukan insan sebagai makhluk ciptaan Allah berupa jasmani dan rohani. Al-Qur'an memberi pola konseptual yang sangat mapan dalam memberi pemenuhan kebutuhan jasmani dan ruhani biar insan berkembang secara masuk akal dan baik. Al-Qur'an memberi keterangan perihal insan dari banyak seginya, untuk menjawab pertanyaan siapakan insan itu?.

Dapat disimpulkan bahwa insan yaitu makhluk fungsional yang bertanggungjawab, pada surat al-Mu'minun ayat 115 Allah bertanya kepada insan sebagai berikut : "Apakah kau mengira bahwa kami membuat kau sia-sia, dan bahwa kau tidak akan dikembalikan kepada Kami?"

Dari ayat ini, berdasarkan Ahmad Azhar Basyir, terdapat tiga penegasan Allah yaitu

  1. manusia yaitu makhluk ciptaan Tuhan,
  2. manusia diciptakan tidak sia-sia, tetapi berfungsi, dan
  3. manusia jadinya akan dikembalikan kepada Tuhan, untuk mempertanggungjawabkan semua perbuatan yang dilakukan pada waktu hidup di dunia ini, dan perbuatan itu tidak lain yaitu realisasi daripada fungsi insan itu sendiri.

Untuk mengaktualisasikan potensi di atas, diharapkan kemampuan dan kualitas insan yaitu kualitas iman, kualitas ilmu pengetahuan, dan kualitas amal saleh untuk bisa mengolah dan mengfungsikan potensi yang diberikan Allah kepada insan tersebut.

Makalah Konsep Manusia Dalam Islam

No comments:

Post a Comment