Monday 30 September 2019

Jadi Bakir Kurikulum Madrasah Sesuai Dengan Islamnya Indonesia


Materi kurikulum pada Madrasah, dari tingkat Raudlatul Athfal (RA/TK), Madrasah Tsanawiyah (MTs/SMP) dan Madrasah Aliyah (MA/SMA) harus sesuai dengan Islam Indonesia. Nilai keislaman yang membuatkan semangat perdamaian, santun, toleran dan bisa memahami kebhinekaan.

Dalam menerapkan kurikulum terhadap anak didik harus dipastikan mematuhi dan bisa menerapkan nilai-nilai ke-indonesiaan, kita tinggal di Indonesia dan berguru di Indonesia maka bingkai ke-indonesiaan harus terbingkai dalam suasana ke-indonesiaan. Ini harus benar-benar terpatri dalam suasana pembelajaran di madrasah dan kampus.

Terkait :
Dokumen kurikulum RA
Download review KTSP MI MTs

Misalnya, dalam praktiknya menghargai kearifan lokal, baik secara fisik gedung bangunan, model arsitektur bisa menampilkan kekhasan tempat madrasah ataupun forum Pendidikan Islam tersebut berdiri, jadi tidak hanya pemahaman otak saja. Tapi seni susila dan istiadat juga.

Secara nasional, posisi Direktorat Jenderal Pendidikan Islam sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sehingga memiliki kiprah utama dalam hal pemerataan dan ekspansi saluran pendidikan terhadap masyarakat. Lainnya yaitu ekspansi kualitas dan meningkatkan daya saing. Dan terakhir tata kelola dan akuntabilitas pelaksanaan forum pendidikan Islam.

No comments:

Post a Comment