Thursday 12 September 2019

Jadi Pintar Silabus Tematik Kurikulum 2013 Sd Mi Terbaru Terlengkap


Silabus Tematik Kurikulum 2013 SD MI. Silabus ialah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang meliputi standar kompetensi dan kompetensi dasar, acara pembelajaran, materi pokok/pembelajaran indikator pencapaian kompetensi, penilaian, sumber, dan alokasi waktu belajar.

Di Indonesia, silabus merupakan pengaturan dan klasifikasi seluruh kompetensi dasar suatu mata pelajaran dalam standar isi sehingga relevan dengan konteks madrasahnya dan siap dipakai sebagai panduan pembelajaran setiap mata pelajaran.

Standar Isi merupakan standar minimal yang berisi Standar Kompetensi dan kompetensi dasar. Silabus berisi standar kompetensi dan kompetensi dasar, acara pembelajaran, materi pokok/pembelajaran indikator pencapaian kom¬pe¬tensi, penilaian, sumber, dan alokasi waktu belajar.

Silabus berisikan komponen pokok yang sanggup menjawab permasalahan

  • kompetensi apa yang akan dikembangkan pada siswa (terkait dengan tujuan dan materi yang akan diajarkan),
  • cara mengembangkannya (terkait dengan metode dan alat yang akan dipakai dalam pembelajaran),
  • cara mengetahui bahwa kompetensi itu sudah dicapai oleh siswa (terkait dengan cara mengevaluasi terhadap penguasaan materi yang telah diajarkan).

Prinsip Pengembangan Silabus


Ada beberapa prinsip yang harus diperhatikan dalam menyusun silabus, yaitu:

  1. konsisten, yaitu adanya hubungan yang konsisten antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok, acara belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian.
  2. memadai, yaitu cakupan indikator, materi pokok, acara belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.
  3. ilmiah, yaitu keseluruhan materi dan kegia¬tan yang menjadi muatan dalam silabus harus benar dan sanggup dipertanggung-jawabkan secara keilmuan.
  4. relevan, yaitu cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spiritual akseptor didik.
  5. sistematis, yaitu komponen-komponen silabus saling berafiliasi secara fungsional dalam mencapai kompetensi.
  6. aktual dan kontekstual, yaitu cakupan indikator, materi pokok, acara belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian memperhatikan perkembangan ilmu, teknologi, dan seni mutakhir dalam kehidupan nyata, dan insiden yang terjadi.
  7. fleksibel, yaitu keseluruhan komponen silabus sanggup mengakomodasi keragaman akseptor didik, pendidik, serta dinamika perubahan yang terjadi di madrasah dan tuntutan masyarakat. Pemilihan media, materi ajar, dan acara pembelajaran sanggup mengakomodasi
  8. menyeluruh, yaitu komponen silabus meliputi keseluruhan ranah kompetensi (kognitif, afektif, dan psikomotor)

KLS I
KLS II
KLS III
KLS IV
KLS V
KLS VI

Semoga sanggup membantu dan bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Amin...

No comments:

Post a Comment