Sunday 3 February 2019

Jadi Terpelajar Teladan Format Rekap Nilai Pengetahuan Dan Keterampilan Ma Kurikulum 2013


Contoh Format Rekap Nilai Pengetahuan dan Keterampilan MA Kurikulum 2013. Penilaian hasil berguru penerima didik meliputi kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dilakukan secara berimbang sehingga sanggup dipakai untuk memilih posisi relatif setiap penerima didik terhadap standar yang telah ditetapkan. Cakupan evaluasi merujuk pada ruang lingkup materi, kompetensi mata pelajaran / kompetensi muatan / kompetensi program, dan proses.

Pendidik menilai kompetensi pengetahuan yang dicapai penerima didik melalui tes tulis, tes lisan, dan penugasan. Sebelum melaksanakan evaluasi kompetensi pengetahuan, pendidik telah menyiapkan instrumen evaluasi yang meliputi;

1) Instrumen tes tulis berupa soal pilihan ganda, isian, tanggapan singkat, benar-salah, menjodohkan, dan uraian. Instrumen uraian dilengkapi pedoman penskoran.
2) Instrumen tes mulut berupa daftar pertanyaan yang akan ditanyakan pada penerima didik berserta pedoman penskoranya.
3) Instrumen penugasan berupa pekerjaan rumah dan / atau projek yang dikerjakan secara individu atau kelompok sesuai dengan karakteristik kiprah yang akan dikerjakan penerima didik.

Untuk mengetahui kompetensi keterampilan, seorang pendidik harus menilai kompetensi keterampilan melalui evaluasi kinerja, yaitu evaluasi yang menuntut penerima didik mendemonstrasikan suatu kompetensi tertentu dengan memakai tes praktik, projek, dan evaluasi portofolio. Instrumen yang dipakai berupa daftar cek atau skala evaluasi (rating scale) yang dilengkapi rubrik.

Adapun klarifikasi masing-masing instrument penilaian keterampilan yaitu:

1) Tes praktik ialah evaluasi yang menuntut respon berupa keterampilan melaksanakan suatu kegiatan atau sikap sesuai dengan tuntutan kompetensi.
2) Projek ialah tugas-tugas berguru (learning tasks) yang meliputi kegiatan perancangan, pelaksanaan, dan pelaporan secara tertulis maupun mulut dalam waktu tertentu.
3) Penilaian portofolio ialah evaluasi yang dilakukan dengan cara menilai kumpulan seluruh karya penerima didik dalam bidang tertentu yang bersifat reflektif-integratif untuk mengetahui minat, perkembangan, prestasi, dan / atau kreativitas penerima didik dalam kurun waktu tertentu. Karya tersebut sanggup berbentuk tindakan faktual yang mencerminkan kepedulian penerima didik terhadap lingkungannya.

Format nilai ini sanggup anda download melalui link dibawah ini:
Contoh Format Rekap Nilai

Instrumen evaluasi kompetensi keterampilan harus memenuhi persyaratan berikut yaitu:

1)substansi yang merepresentasikan kompetensi yang dinilai;
2) konstruksi yang memenuhi persyaratan teknis sesuai dengan bentuk instrumen yang digunakan;
3) penggunaan bahasa yang baik dan benar serta komunikatif sesuai dengan tingkat perkembangan penerima didik.

No comments:

Post a Comment