Sunday 24 February 2019

Jadi Bakir Buku Panduan Penanaman Perilaku Akseptor Bimbing Paud Ra Tk


Perkembangan ilmu dan teknologi yang demikian cepat menyebabkan persaingan sumber daya insan demikian tajam makin mengukuhkan bahwa pendidikan di masa depan tidak hanya membekali penerima didik dengan pengetahuan dan keterampilan semata, tetapi yang sangat penting ialah pengembangan aksara yang kuat, gigih, dan kreatif. Dalam pola pengembangan sumber daya insan yang ditetapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, sangat terang bahwa pendidikan di setiap jenjang menyebarkan kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan dengan komposisi yang berbeda. Semakin awal jenjang pendidikan tersebut semakin besar komposisi pengembangan kompetensi sikap.

Sebagai jenjang pendidikan yang paling dasar, Pendidikan Anak Usia Dini dibutuhkan menjadi fondasi besar lengan berkuasa untuk membentuk sikap dan aksara penerima didik. Implementasinya dalam Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini, membangun aksara anak dilakukan dengan penanaman sikap melalui pengembangan kompetensi sikap. Pengembangan kompetensi sikap bukan hanya sebagai imbas ikutan (nurturan) dari pengembangan pengetahuan dan keterampilan, melainkan komponen yang harus direncanakan secara lebih matang dan mendalam yang dilaksanakan secara terus menerus sehingga membentuk kebiasaan lebih lanjut menjadi sikap yang alhasil menjadi sikap dan aksara baik.

Pengembangan kompetensi sikap memerlukan proses yang konsisten dalam jangka waktu lama. Namun, pelaksanaannya tetap diubahsuaikan dengan cara berguru anak usia dini yang dilaksanakan melalui acara menyenangkan dan bermakna.

Hal terpenting dalam pengembangan kompetensi sikap ialah keteladan dari tim guru yang menjadi model bagi anak didik. Tanpa keteladanan pengembangan sikap baik akan menjadi sia-sia. Mengingat begitu pentingnya penanaman sikap dalam proses penerapan Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini, maka dipandang perlu adanya panduan yang sanggup dijadikan teladan inspiratif bagi para guru dalam menanamkan sikap anak didik di Satuan PAUD masing-masing.

Penanaman sikap pada pendidikan anak usia dini mempunyai tugas yang sangat penting dalam membangun aksara anak semenjak dini melalui adaptasi dan keteladanan. Penanaman sikap ini menjadi prioritas utama dibandingkan dengan pengembangan pengetahuan dan keterampilan. Dalam kurikulum 2013 PAUD pengembangan kompetensi sikap meliputi seluruh aspek perkembangan, artinya sikap berada di aspek nilai agama dan moral, fisik motorik, kognitif, sosial–emosional, bahasa, dan seni. Di dalam struktur kurikulum 2013 PAUD pengembangan kompetensi sikap meliputi kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial.

Semua itu akan dijelaskan satu per satu untuk beberapa poin berikut yang terdapat dalam buku pedoman ini:
  1. Penanaman Sikap dalam Kurikulum 2013 PAUD
  2. Kompetensi Sikap dalam Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
  3. Kompetensi Sikap Apa Saja dalam Kurikulum 2013 PAUD
  4. Bagaimana Memaknai Setiap KD Sikap
  5. Penanaman Sikap Sejak Usia Dini
  6. Apa Peran Orangtua dalam Menanamkan Sikap
  7. Peran Guru dalam Penanaman Sikap
  8. Penanaman Sikap dalam Rencana Pembelajaran
  9. Bagaimana Perencanaannya
  10. Strategi Penanaman Sikap dalam Kegiatan Pembelajaran PAUD
  11. Bagaimana Pembudayaannya
  12. Bagaimana Penilaian Hasil Penanaman Sikap

Itu saja sih dari ihwal Buku Panduan Penanaman Sikap Peserta Didik PAUD RA Taman Kanak-kanak yang sanggup anda unduh pada link dibawah ini:

Buku Panduan Penanaman Sikap Peserta Didik PAUD RA TK

Demikian daria kami, supaya bermanfaat...

No comments:

Post a Comment