Monday 25 February 2019

Jadi Pintar Prota Promes Sd Mi Kelas 1 Semester 1 2 Kurikulum 2013 Revisi 2016


Prota Promes SD MI Kelas 1 Semester 1 2 Kurikulum 2013 Revisi 2016. Mungkin kita sudah tidak absurd lagi dengan yang namanya promes (program semester) dan prota (program tahunan) yang merupakan salah satu perangkat pembelajaran untuk melengkapi kebutuhan kurikulum 2013 (kurtilas) bagi sekolah / madrasah pelaksana kurikulum 2013. Dan sudah di revisi dengan banyak sekali penyempurnaan untuk melengkapi manajemen pembelajaran para sobat guru.

Setelah langkah pemetaan, dilakukan pembuatan aktivitas tahunan / aktivitas semester. Program tahunan / aktivitas semester berisi pendistribusian waktu secara rinci penyajian tiap-tiap KD selama satu tahun / semester.

baca: Prota promes KTSP SD MI semua mapel

Cara menyusun aktivitas tahunan (prota)


  • menuliskan urutan jaring tema menyerupai pada pemetaan mapel selama satu tahun,
  • mencantumkan waktu yang dialokasikan untuk setiap jaring tema pada satu tahun,
  • menentukan alokasi jam pelajaran yang diharapkan setiap kelompok KD/ tema menurut cakupan dan kedalaman KD yang akan dicapai maksimal 31 jam per ahad untuk kelas 1 dan 2 serta 33 jam untuk kelas 3 (sesuai hukum pada standar isi)Minggu efektif tiap sekolah/madrasah diatur sendiri asalkan dalam satu tahun tidak kurang dari 34 ahad dan tidak lebih dari 38 minggu. Pada lampiran ini dicontohkan 17 ahad efektif pada 1 semester.

Cara menyusun aktivitas semester (prosem)


  • merinci alokasi waktu untuk tiap kelompok KD menyerupai pada prota ditambahkan waktu ulangan yang direncanakan,
  • menambahkan rincian bulan dan ahad dalam 1 semester dengan pendistribusian jam pelajaran efektif tiap ahad yang dipakai untuk mencapai tiap KD. Urutan penyajian KD diadaptasi dengan pemetaan yang telah dilakukan. Pengaturan urutan penyajian yang telah dirancang pada jaring tema dituliskan pada prosem.

Demikian saja dari ihwal Prota Promes SD MI Kelas 1 Semester 1 2 Kurikulum 2013 Revisi 2016, dengan cita-cita dapat membantu para guru / pendidik dalam melakukan kiprah di sekolah / madrasah masing-masing. Untuk selengkapnya silahkan anda unduh pada link dibawah ini:

Promes kelas 1 smt 1 kurikulum 2013
Promes kelas 1 smt 2 kurikulum 2013
Prota kelas 1 smt 1 kurikulum 2013
Prota kelas 1 smt 2 kurikulum 2013

Demikian dari kami, supaya dapat mambantu dan bermanfaat untuk kemajuan pendidikan di Indonesia. Amin...

Referensi: http://www.gurusd.net

No comments:

Post a Comment