Monday 25 February 2019

Jadi Cendekia Pengertian Dan Teknik Serta Pola Evaluasi Proyek Kurikulum 2013


Penilaian proyek merupakan acara evaluasi terhadap suatu kiprah yang harus diselesaikan dalam periode/waktu tertentu. Tugas tersebut berupa suatu pemeriksaan semenjak dari perencanaan, pengumpulan data, pengorganisasian, pengolahan dan penyajian data. Penilaian proyek sanggup dipakai untuk mengetahui pemahaman, kemampuan mengaplikasikan, kemampuan penyelidikan dan kemampuan menginformasikan penerima didik pada mata pelajaran tertentu secara jelas.

Dalam evaluasi proyek setidaknya ada 3 (tiga) hal yang perlu dipertimbangkan yaitu:

  • Kemampuan pengelolaan; Kemampuan penerima didik dalam menentukan topik, mencari info dan mengelola waktu pengumpulan data serta penulisan laporan.
  • Relevansi; Kesesuaian dengan mata pelajaran, dengan mempertimbangkan tahap pengetahuan, pemahaman dan keterampilan dalam pembelajaran.
  • Keaslian; Proyek yang dilakukan penerima didik harus merupakan hasil karyanya, dengan mempertimbangkan donasi guru berupa petunjuk dan derma terhadap proyek penerima didik.

Teknik Penilaian Proyek


Penilaian proyek dilakukan mulai dari perencanaan, proses pengerjaan, hingga hasil simpulan proyek. Untuk itu, guru perlu tetapkan hal-hal atau tahapan yang perlu dinilai, menyerupai penyusunan disain, pengumpulan data, analisis data, dan penyiapkan laporan tertulis. Laporan kiprah atau hasil penelitian juga sanggup disajikan dalam bentuk poster. Pelaksanaan evaluasi sanggup memakai alat/instrumen evaluasi berupa daftar cek ataupun skala penilaian.

Untuk selengkapnya, bisa anda unduh file teknik evaluasi proyek ini, lengkap dengan Contoh Penilaian Proyek, Penilaian Kinerja ilmiah. Pada artikel berikut ini: contoh model evaluasi kelas

Demikian dari kami, biar bisa mambantu dan bermanfaat untuk kemajuan pendidikan di Indonesia. Amin...

No comments:

Post a Comment