Monday 25 February 2019

Jadi Berakal Pedoman Pengelolaan Pembelajaran Paud Kurikulum 2013


Perhatikan Karakteristik Kurikulum 2013 PAUD. Kurikulum PAUD memakai pembelajaran tematik dengan pendekatan pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan dalam pemberian rangsangan pendidikan. Kurikulum sebagai aktivitas pengembangan bagi anak bisa mengembangkan semua potensi anak semoga menjadi anak yang kompeten.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam melakukan pembelajaran yang menyenangkan di PAUD. Guru perlu memperhatikan cara anak usia dini berguru dan prinsip-prinsip pembelajaran PAUD. Anak usia dini berguru secara sedikit demi sedikit dengan cara berpikir yang khas. Ia bisa berguru dengan banyak sekali cara, dan ia berguru dari proses interaksi dengan lingkungannya. Pada prinsipnya anak berguru melalui bermain. Hal ini sesuai dengan perkembangan anak, yang menyebabkan bermain sebagai kebutuhan anak.

Bermain menciptakan anak menjadi pembelajar aktif, dan memungkinkan anak menjadi makin kreatif. Selain itu, dalam kegiatan bermain yang didukung lingkungan yang kondusif, anak tolong-menolong juga berguru mengembangkan nilai-nilai karakter. Saat bermain, anak berguru berbagi, peduli, kerjasama, bertanggungjawab, dll.

Penanaman nilai-nilai huruf untuk anak usia dini akan terjadi dengan sendirinya pada ketika anak praktek eksklusif dan melihat model/teladan dari orang lain. Di sinilah tunjangan dari lingkungan yang aman dibutuhkan dalam pembentukan huruf anak.

Dengan memanfaatkan media dan sumber berguru yang gampang ditemukan anak, serta tunjangan dari fasilitator (dalam hal ini guru), maka anak sanggup berlajar secara optimal. Dukungan yang sanggup diberikan guru berupa:

  • Guru memberi mereka kesempatan untuk mencoba/mengeksplorasi dan memakai banyak sekali obyek/bahan dengan cara yang beragam.
  • Guru memberi tunjangan dengan pertanyaan (dan atau bimbingan) yang tepat.
  • Guru menghargai setiap perjuangan dan hasil karya anak dengan tidak membandingkan dengan anak lainnya.

Pendekatan pembelajaran yang menyenangkan ialah proses pembelajaran yang dirancang semoga anak secara aktif sanggup mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengomunikasikan, baik terkait diri sendiri, lingkungan, atau kejadian. Penerapan pendekatan pembelajaran yang baik akan menumbuhkan kemampuan berpikir anak. Salah satu pendekatan pembelajaran tersebut ialah pendekatan saintifik.

  • Bagaimana Mengelola Pembelajaran di PAUD
  • Perhatikan Karakteristik Kurikulum 2013 PAUD
  • Hal-hal yang harus diperhatikan dalam melakukan pembelajaran yang menyenangkan di PAUD
  • Apakah yang Dimaksud Pendekatan Saintifik
  • Mengapa Perlu Pendekatan Saintifik
  • Cara Belajar Anak Usia Dini
  • Prinsip Pembelajaran PAUD
  • Kapan Pendekatan Saintifi k sanggup Dialami Anak
  • Seperti Apa Penerapan Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik
  • Bagaimana Proses Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran di PAUD

Bagaimana masih kurang? silahkan unduh file pdf dari wacana Pedoman Pengelolaan Pembelajaran PAUD Kurikulum 2013 pada link dibawah ini:

Pedoman Pengelolaan Pembelajaran PAUD Kurikulum 2013

Demikian dari kami, semoga bisa membantu dan bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Amin...

No comments:

Post a Comment