Monday 25 February 2019

Jadi Arif Panduan Pengembangan Dan Penerapan Kurikulum 2013 Untuk Paud Ra Tk


Kurikulum ialah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan materi pelajaran serta cara yang dipakai sebagai pedoman penyelenggaraan acara pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

Layanan PAUD untuk usia 4 ( Empat ) hingga dengan 6 ( Enam ) tahun terdiri atas Taman kanak-Kanak ( Taman Kanak-kanak ) / Raudhatul Athfal ( RA ) / Bustanul Athfal ( BA ), dan yang sederajat sebagaimana Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI. Nomor 146 tahun 2014 Pasal 2.

Pola Pembelajaran


  • Pembelajaran berpusat pada guru menjadi berpusat pada penerima didik;
  • Pembelajaran satu arah menjadi interaktif;
  • Pembelajaran terisolasi menjadi secara jejaring ;
  • Pembelajaran pasif menjadi aktif mencari;
  • Pembelajaran sendiri menjadi berkelompok berbasis tim;
  • Pembelajaran alat menjadi berbasis alat multimedia;
  • Pembelajaran massal menjadi berbasis kebutuhan potensi siswa;
  • Pembelajaran ilmu pengetahuan tunggal menjadi ilmu pengetahuan jamak (multidisiplines);
  • Pembelajaran pasif menjadi kritis.

Prinsip Pembelajaran


  • Dari penerima didik diberi tahu, menjadi mencari tahu;
  • Dari pendidik sebagai satu-satunya sumber belajar, menjadi berguru berbasis aneka sumber;
  • Dari pendekatan tekstual menjadi proses dengan pendekatan scientific;
  • Dari pembelajaran berbasis konten, menuju pembelajaran berbasis kompetensi;
  • Dari pembelajaran parsial, menjadi pembelajaran terpadu;
  • Dari pembelajaran verbalisme menjadi pembelajaran aplikatif;
  • Dari pembelajaran yang menekankan tanggapan tunggal, menjadi pembelajaran dengan tanggapan multi dimensi;
  • Peningkatan keseimbangan antara hard skills menuju soft skills;
  • Pembelajaran sepanjang hayat;
  • Pembelajaran yang menerapkan nilai keteladanan, membangun kemauan, dan membuatkan kreativitas.

Karakteristik Kurikulum 2013 PAUD


  • Mengotimalkan perkembangan anak yang mencakup :
  • Aspek nilai Agama dan Moral, Fisik-Motorik, Kognitif, Bahasa, Sosial Emosional, dan Seni yang tercermin dalam keseimbangan kompetensi sikap, pengetahuan, dan ketrampilan.
  • Menggunakan pembelajaran tematik dengan pendekatan saintifik dalam derma rangsangan pendidikan.
  • Menggunakan evaluasi Otentik dalam memantau perkembangan anak.
  • Memberdayakan tugas orang renta dalam proses pembelajaran.

Demikian saja sedikit klarifikasi dari perihal Panduan Pengembangan dan Penerapan Kurikulum 2013 Untuk PAUD RA TK, yang dapat anda unduh lengkap pada link dibawah ini:

Panduan kurtilas paud ra tk

Demikian dari kami, supaya dapat membantu dan bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Amin...

No comments:

Post a Comment