Monday 25 February 2019

Jadi Pintar Mengganti Font Awesome Dengan Icon Svg Loading Lebih Cepat


Kemarin semenjak mas +Adhy Suryadi menciptakan postingan wacana cara memakai icon SVG (Scalable Vector Graphics) pribadi aku praktek pada blog ini untuk mengganti semua icon font awesome dengan icon SVG ini semoga loading blog lebih super cepat alasannya tidak perlu me-load script js eksternal dan muncul bersamaan dengan teks postingan, apalagi icon SVG ini mempunyai banyak pilihan.

Sebetulnya masih ada pilihan lain selain icon SVG ini adalah material icon milik google sendiri namun belum banyak pilihan icon yang tersedia, mungkin kedepannya google akan menambah icon untuk dapat dipakai secara maksimal pada blog.

Dengan memakai icon SVG ini browser hanya me-load icon yang kita gunakan saja, contohnya blog ini hanya memakai icon home, media sosial, author, label/tag, kalender, dan navigasi maka hanya icon itu saja yang diload oleh browser. Jika kita memakai icon dengan script js eksternal yang berisi semua icon lengkap, maka akan ada banyak icon yang tidak terpakai tapi tetap ter-load oleh browser.

Dengan kata lain blog ini sudah tidak memakai font awesome lagi, terbukti loading lebih cepat. Sekarang bagaimana dengan anda? ya itu terserah anda sih alias gak ikut-ikutan. Namun jikalau anda ingin memakai icon SVG ini, dapat anda simak tutornya di blog kompiaiab.com

No comments:

Post a Comment