Sunday 3 February 2019

Jadi Cerdik Campuran Template Kompi Flexible Dengan Kompi Magazine


Beberapa hari yang kemudian ada yang inbox dan bertanya kepada saya perihal template yang dipakai blog NomIfrod.com ini, kompi flexible apa kompi magazine? Seperti anda ketahui bahwa awalnya blog ini memakai template kompi flexible kemudian ganti ke kompi magazine, dan kemudian saya tertarik untuk menggabungkan kedua template tersebut.

Untuk kecepatan loading saya tetap suka pada kompi flexible, hanya saja dibagian header ada ruang untuk slot iklan yang berdasarkan saya kurang efektif apalagi untuk adsense. Dari itu saya mulai berinovasi untuk merubah bab header ibarat pada kompi magazine, kemudian saya mulai oprek sana-sini memakai blog percobaan meski sering error juga maklum namanya juga berguru memahami satu persatu.

Berikut ini mungkin akan lebih dapat dipahami beberapa perubahan yang saya lakukan pada template blog ini:

  1. Dasarnya tetap memakai kompi flexible
  2. Pada bab header, menu, dan sidebar mengambil dari kompi magazine
  3. Menghapus megamenu, sticky sajian dan scriptnya biar tidak terlalu membebani loading dan tidak menutupi iklan
  4. Menyatukan semua script dengan jQuery dan di defer untuk mempercepat loading blog, kecuali script iklan ditengah postingan biar iklan dapat eksklusif tampil
  5. Memilah isyarat CSS homepage, postpage, dan staticpage dengan tag kondisional ibarat pada blog AMP HTML sehingga hanya ada satu style per halaman.

Merupakan suatu kebangaan tersendiri bagi saya saat itu hasil modifikasi sendiri. Makara kalau anda bertanya perihal penggunaan template pada blog ini, ya tetap kompi flexible ala magazine. Hehe...

Mungkin itu saja dari saya menyebarkan pengalaman bahwa seorang blogger harus dapat memodifikasi template blognya sendiri. Semoga bermanfaat...

No comments:

Post a Comment