Monday 4 February 2019

Jadi Berilmu Rpp Silabus Fiqih Revisi 2017 Mi Kelas 2 Kurikulum 2013


RPP Silabus Fiqih MI Kelas 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017. Komponen RPP dalam Standar Proses No 65 Th 2013: Identitas Sekolah, Identitas mata pelajaran, Kelas/ semester, Materi Pokok, Alokasi Waktu, Kompetensi dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi, Tujuan pembelajaran, Materi Pembelajaran, Metode pembelajaran, Media Pembelajaran, Sumber belajar, Langkah-langkah Pembelajaran, Penilaian hasil Pembelajaran

KD-1 dan KD-2 dari KI-1 dan KI-2 tidak harus dikembangkan dalam indikator alasannya keduanya dicapai melalui proses pembelajaran yang tidak langsung. Indikator dikembangkan hanya untuk KD-3 dan KD-4 yang dicapai melalui proses pembelajaran langsung. (Pemndikbud No. 81a tahun 2013, Lampiran VI, pedoman Umum Pembelajaran)

Kegiatan Pendahuluan

  1. Orientasi; Memusatkan perhatian penerima didik pada bahan yang akan dibelajarkan, dengan cara memperlihatkan benda yang menarik, memperlihatkan illustrasi, membaca gosip di surat kabar, menampilkan slide animasi, fenomena alam, fenomena sosial, atau lainnya.
  2. Apersepsi; Memberikan persepsi awal kepada penerima didik wacana bahan yang akan diajarkan.
  3. Motivasi; Guru memperlihatkan citra manfaat mempelajari bahan yang akan diajarkan

Kegiatan Inti
Menggunakan model pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber berguru yang diadaptasi dengan karakteristik penerima didik dan mata pelajaran, dan langkah-langkah kegiatan inti pembelajaran di kembangkan dengan tahapan-tahapan pendekatan saintifik

Menggunakan pendekatan tematik dan/atau tematik terpadu dan/atau saintifik dan/atauinkuiri dan penyingkapan (discovery) dan/ atau pembelajaran yang menghasilkan karya berbasis pemecahan duduk perkara (project based learning ) diadaptasi dengan karakteristik kompetensi dan jenjang pendidikan.

Memuat pengembangan sikap, pengetahuan dan keterampilan yang terinntegrasi pada pembelajaran

RPP Fiqih MI Kelas 2 Kurikulum 2013
Silabus Fiqih MI Kelas 2 Kurikulum 2013

Kegiatan Penutup

  • seluruh rangkaian acara pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat eksklusif maupun tidak eksklusif dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung;
  • memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
  • melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pertolongan tugas, baik kiprah individual maupun kelompok; dan
  • menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya..

No comments:

Post a Comment