Monday 12 August 2019

Jadi Berilmu Fatwa Peningkatan Kwalitas Kkg Mgmp


Paket Pembelajaran BERMUTU merupakan aktivitas inovatif untuk meningkatkan kualitas pengajaran melalui kelompok kerja guru, kepala sekolah, dan pengawas dengan cita-cita aktivitas ini sanggup dijadikan model pengembangan profesional yang sistematis bagi KKG dan MGMP (musyawarah guru mata pelajaran) di seluruh Indonesia.

Ada dua Paket Pembelajaran BERMUTU, yaitu Paket Pembelajaran Bidang Ilmu untuk guru SD dan SMP, serta Paket Pembelajaran Manajemen untuk kepala sekolah dan pengawas. Terdapat tiga tujuan utama dari aktivitas ini.

  1. Meningkatkan kompetensi guru, kepala sekolah, dan pengawas dalam memperbaiki kualitas pengajaran.
  2. Memberikan donasi pada peningkatan kualifikasi para penerima dengan adanya angka kredit yang diberikan kepada yang berhasil menuntaskan aktivitas ini.
  3. Memberikan donasi pada peningkatan kualitas sistem pengembangan tenaga profesional melalui tersedianya aktivitas kelompok kerja guru, kepala sekolah, dan pengawas yang sanggup diterapkan, sistematis, dan berkelanjutan.

Paket Pembelajaran Manajemen merupakan contoh aktivitas pengembangan profesional yang sistematis dan fleksibel kepala sekolah dan pengawas. Paket Pembelajaran Manajemen terdiri dari empat Bahan Belajar Mandiri (BBM) wacana aspek manajemen, yaitu:

  1. Pemetaan Kebutuhan dan Profil Guru
  2. Pengelolaan Kualitas KKG/MGMP
  3. Himpunan dan Pengelolaan Dana
  4. Diseminasi Best Practice

Keempat Panduan Paket Manajemen merupakan bagian- bab dari sebuah keseluruhan, dan perlu dipelajari secara berurutan dari yang pertama (Profil Kebutuhan Guru) sampai yang terakhir (Diseminasi Praktik Unggul). Tiap Panduan dibentuk berkaitan dengan panduan sebelumnya.

Di samping keempat Panduan tersebut, kepala sekolah dan pengawas juga akan mempelajari dasar keterampilan TIK melalui Panduan TIK dalam Pembelajaran. Adapun tujuannya yaitu supaya kepemimpinan dalam KKG/MGMP mempunyai keterampilan yang sama dengan para guru dan memahami sumber - sumber TIK yang diperlukan.

Pedoman Peningkatan Kwalitas KKG MGMP

Semoga sanggup membantu dan bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Amin...

File: Pendma Kemenag kab pamekasan

No comments:

Post a Comment