Saturday 10 August 2019

Jadi Berakal Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division


Pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) merupakan model pembelajaran kooperatif paling sederhana. Masing-masing kelompok mempunyai kemampuan akademik yang heterogen, sehingga dalam satu kelompok akan terdapat satu siswa berkemampuan tinggi, dua orang kemampuan sedang dan satu siswa lagi berkemampuan rendah.

Para guru pengguna metode STAD untuk mengajarkan gosip akademik gres kepada siswa setiap minggu, baik melalui pengajian lisan maupun tertulis

Kelebihan dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah:


  1. Dapat memperlihatkan kesempatan kepada siswa untuk berhubungan dengan siswa lain
  2. Siswa sanggup menguasai pelajaran yang disampaikan
  3. Dalam proses berguru mengajar siswa saling ketergantungan positif
  4. Setiap siswa sanggup saling mengisi satu sama lain

Sedangkan kekurangan pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah:


  1. Membutuhkan waktu yang lama
  2. Siswa cenderung tidak mau apabila disatukan dengan temannya yang terbelakang apabila beliau sendiri yang pandai dan yang kurang pandaipun merasa minder apabila digabungkan dengan temannya yang pandai walaupun usang kelamaan perasaan itu akan hilang dengan sendirinya.
  3. Tes , Siswa diberikan kuis dan tes secara perorangan. Pada tahap ini setiap siswa harus memperhatikan kemampuannya dan memperlihatkan apa yang diperoleh pada acara kelompok dengan cara menjawab soal kuis atau tes sesuai dengan kemampuannya. Pada dikala mengerjakan kuias atau tes ini, setiap siswa bekerja sendiri bekerja sama dengan anggota kelompoknya.
  4. Penentuan Skor, Hasil kuis atau tes diperiksa oleh guru, setiap skor yang diperoleh siswa masukkan dalam daftar skor individual, untuk melihat peningkatan kemampuan individual. Rata-rata skor peningkatan individual merupakan pemberian bagi kinerja percapaian hasil kelompok.
  5. Penghargaan terhadap kelompok, Berdasarkan skor peningkatan individu diperoleh skor kelompok. Dengan demikian, skor kelompok sangat tergantung dari pemberian skor individu.

Referensi: Depelovment MA Project, 2002 | Ibrahim, dkk. 2000

No comments:

Post a Comment