Sunday 11 August 2019

Jadi Cerdik Fatwa Pengelolaan Kelas Paud Tk Dan Ra Kurikulum 2013


Lingkungan yakni guru ketiga bagi anak. Dari lingkungan anak berguru banyak wacana kebersihan, kerapihan, disiplin, kemandirian, semangat pantang mengalah dan banyak hal lainnya. Karena itu lingkungan pada Pendidikan Anak Usia Dini harus direncanakan, ditata, dimanfaatkan, dan dirawat secara cermat biar bisa mendukung pencapaian hasil berguru yang telah ditetapkan bersama.

Lingkungan berguru baik di dalam maupun di luar menghipnotis apa dan bagaimana anak belajar. Lingkungan yang mengundang, mendorong dan membantu anak bereksplorasi, bereksperimen, memanipulasi benda dan alat main secara bermakna, menyenangkan, dan menantang kemampuan berpikir mereka menciptakan aktivitas pembelajaran menjadi semakin menyenangkan.

Lingkungan berguru tidak selalu identik dengan banyaknya alat permainan yang dimiliki, tetapi terlebih penting yakni bagaimana biar anak sanggup terlibat aktif di dalam lingkungan berguru tersebut. Tidak pula menjadi cerdik jikalau satuan PAUD yang terbatas luas halaman bermainnya tetapi diisi dengan alat permainan outdoor yang penuh sesak. Anggapan bahwa PAUD yang tidak mempunyai alat bermain out door yakni Lembaga PAUD yang kurang bermutu, sudah harus ditinggalkan.

Untuk kepentingan tersebut, Pedoman Pengelolaan Kelas sebagai rangkaian pedoman penerapan kurikulum tahun 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Harapannya semoga pedoman ini sanggup bermanfaat bagi penataan lingkungan berguru yang lebih baik.

Pedoman Pengelolaan Kelas PAUD Taman Kanak-kanak dan RA Kurikulum 2013

Demikian dari kami, semoga bisa mambantu dan bermanfaat untuk pendidikan di Indonesia. Amin...

File: Pendma Kemenag Pamekasan

No comments:

Post a Comment