Sunday 11 August 2019

Jadi Cendekia Panduan Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini


Panduan Pengenalan Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) termasuk Taman Kanak-kanak dan RA sebagai upaya training yang ditujukan kepada anak semenjak lahir hingga dengan usia 6 (enam) tahun, dilakukan melalui pertolongan rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani biar anak mempunyai kesiapan belajar dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

PAUD merupakan pendidikan yang paling mendasar alasannya yaitu perkembangan anak di masa selanjutnya akan sangat ditentukan oleh aneka macam stimulasi bermakna yang diberikan semenjak usia dini. Awal kehidupan anak merupakan masa yang paling sempurna dalam memperlihatkan dorongan atau upaya pengembangan biar anak sanggup berkembang secara optimal. Salah satu upaya yang sanggup dilakukan dalam rangka pengembangan potensi tersebut yaitu dengan aktivitas pendidikan yang terstruktur. Salah satu komponen untuk pendidikan yang terstruktur yaitu kurikulum.

Penyempurnaan kurikulum perlu terus menerus dilakukan seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Penyempurnaan kurikulum akan berhasil, kalau terjadi perubahan panduan pendidik terhadap anak dan pembelajaran. Pendidik harus mempunyai paradigma bahwa anak yaitu individu yang berpotensi untuk berkembang, mempunyai rasa ingin tahu dan individu yang aktif. Pembelajaran harus dimulai dari diri anak, oleh anak dan untuk anak. Pendidik berperan sebagai fasilitator dan motivator.

Kurikulum mempunyai struktur dan muatan yang memberi peluang pada anak untuk memperoleh sejumlah pengalaman belajar. Keberhasilan suatu kurikulum merupakan proses panjang, mulai dari kristalisasi aneka macam gagasan dan konsep ideal ihwal pendidikan, perumusan desain kurikulum, persiapan pendidik dan tenaga kependidikan, serta sarana dan prasarana, tata kelola pelaksanaan kurikulum termasuk pembelajaran, penilaian pembelajaran dan kurikulum. Berdasarkan hal tersebut, maka anda perlu mendownload pada link berikut:

Panduan Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini

Demikian dari kami, semoga sanggup mambantu dan bermanfaat untuk pendidikan di Indonesia. Amin...
File: Pendma Kemenag Pamekasan | IGRA

No comments:

Post a Comment