Sunday 11 August 2019

Jadi Pintar Kegiatan Mingguan Dan Harian Rppm Rpph Paud Tk Ra Kurikulum 2013


Kali ini akan membagikan file perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM) dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) Pendidikan anak usia dini (PAUD), Taman Kanak-kanak (TK), atau Raudlatul Athfal (RA).

Dimana hal tersebut sudah sesuai dengan rambu-rambu RPP PAUD Kurikulum 2013.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM) merupakan planning kegiatan yang disusun untuk pembelajaran selama satu minggu. Perencanaan kegiatan mingguan sanggup berbentuk jaringan tema. Jaringan tema berisi projek- projek yang akan dikembangkan menjadi kegiatan-kegiatan pembelajaran.

Pada selesai satu atau beberapa tema sanggup dilaksanakan kegiatan puncak tema yang menunjukkan prestasi akseptor didik. Puncak tema sanggup berupa kegiatan antara lain menciptakan kue/makanan, makan bersama, festival hasil karya, pertunjukan, panen tanaman, dan kunjungan.

Cara Penyusunan RPPM:


  1. Diturunkan dari program
  2. Berisi sub tema - KD - bahan - planning kegiatan
  3. Penyusunan kegiatan mingguan diubahsuaikan dengan taktik pengelolaan kelas (area, sentra, kelompok usia) yang ditetapkan masing-masing satuan PAUD.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan


Rencana pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH) ialah perencanaan aktivitas harian yang akan dilaksanakan oleh pendidik/pengasuh pada setiap hari atau sesuai dengan aktivitas lembaga. Komponen RPPH, antara lain: tema/sub tema/sub-sub tema, alokasi waktu, hari/tanggal, kegiatan pembukaan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.

Cara Penyusunan RPPH:


  1. Disusun menurut kegiatan mingguan.
  2. Kegiatan harian berisi kegiatan pembuka, inti, dan penutup.
  3. Pelaksanaan pembelajaran dalam satu hari dilaksanakan sesuai dengan prinsip pembelajaran PAUD.
  4. Penyusunan kegiatan harian diubahsuaikan dengan kondisi satuan pendidikan masing-masing dan memakai pendekatan saintifik.
  5. Kegiatan harian sanggup dibentuk oleh satuan pendidikan dengan format sesuai kebutuhan masing-masing.

Hanya itu sekilas beberapa poin wacana Program Mingguan dan Harian RPPM RPPH PAUD Taman Kanak-kanak RA Kurikulum 2013 yang sanggup anda download pada link berikut ini:

Program Mingguan dan Harian RPPM RPPH PAUD Taman Kanak-kanak RA Kurikulum 2013

selebihnya anda tinggal edit menyesuaikan dengan aktivitas mingguan dan harian sekolah masing-masing. Selamat bekerja...

No comments:

Post a Comment