Sunday 11 August 2019

Jadi Cerdik Tips Menentukan Masakan Minuman Yang Halal Dan Baik


Tips Memilih Makanan Minuman Yang Halal dan Baik. Pada prinsipnya semua kuliner dalam islam halal, kecuali ada nash (dalil) shahl dan sharih ( tidak cacat makna dan terang maknanya ) Halal ialah istilah bahasa Arab dalam agama Islam yang berarti "diizinkan" atau "boleh". Bagi orang Muslim, halal merupakan pecahan yang tidak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Sebagaimana perintah Allah Swt. dalam Al-Qur'an yang berbunyi:

"Hai sekalian manusia, kuliner yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi. Dan janganlah kau mengikuti langkah-langkah syaitan, sebab sesungguh-nya syaitan Itu ialah musuh yang positif bagimu." (QS.Al-Baqarah: 168).

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kemampuan rekayasa dibidang pangan menimbulkan inovasi halal tidak sederhana. Maka pentingnya kita mengetahui:

Ciri-ciri Makanan dan Minuman Halal


Makanan Halal

  1. Semua kuliner yang baik, tidak kotor dan tidak menjijikan.
  2. Semua kuliner yang tidak diharamkan oleh Allah dan Rasul-Nya.
  3. Semua kuliner yang tidak memberimu harat, tidak membahayakan kesehatan jasmani dan tidak merusak akal, moral, dan aqidah dll.

Minuman Halal
Minuman yang halal intinya sanggup dibagi menjadi 4 bagian:

  1. Semua jenis air atau cairan yang tidak membahayakan bagi kehidupan manusia, baik membahayakan dari segi jasmani, akal, jiwa, maupun aqidah.
  2. Air atau cairan yang tidak memabukkan walaupun sebelumnya pernah memabukkan menyerupai arak yang menjelma cuka.
  3. Air atau cairan itu bukan berupa benda najis atau benda suci yang terkena najis.
  4. Air atau cairan yang suci itu didapatkan dengan cara-cara yang halal yang tidak bertentangan dengan anutan agama Islam

Ciri-ciri Makanan dan Minuman Haram


Sesuatu itu menjadi haram sebab memberi mudharat bagi kehidupan insan menyerupai racun, barang-barang yang menjijikan dan sebagainya. Sesuai dengan Firman Allah surat Al-Maidah ayat 3 dan Al-An'am ayat 145:

"Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang dipukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan yang diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kau menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala." (QS.AI-Maidah : 3)

Kaprikornus semua bangkai ialah haram kecuali bangkai ikan dan belalang. semua darah haram kecuali hati dan limpa.

Minuman yang Haram:

  1. Semua minuman yang memabukkan atau apabila diminum menjadikan mudharat dan merusak badan, akal, jiwa, watak dan aqidah menyerupai arak, khamar, dan sejenisnya.
  2. Minuman dari benda najis atau benda yang terkena najis.
  3. Minuman yang didapatkan dengan cara-cara yang tidak halal atau yang bertentangan dengan anutan Islam.

Berbelanja Makanan Halal dan baik


Halal dan Baik:
Segar, Bergizi dan menyehatkan menyerupai ikan, sayuran, daging ayam, daging sapi,dll.

Halal tidak Baik:

  • Mengandung zat pengawet
  • Mengandung zat pewama
  • Mengandung Pemanis

Contoh: Minuman bersoda, camilan, permen warna warni, mie instan dll

Banyak sekali jenis kuliner yang dikemas dalam kaleng. Pilih yang menuliskan kata 'halal' secara terang sekalipun jenisnya buah atau sayuran. Bila tak ada kata 'halal', baca secara seksama kandungan kuliner yang tertera pada kemasan. Kata pork, ham, bacon ialah istilah yang kerap dipakai untuk mewakili kuliner yang mengadung babi. Hindari juga kuliner yang mengandung kata lard, tallow, dan animal oil.

Berikut ini kiat-kiat membeli ikan segar:


  1. Jika membeli ikan dalam keadaan utuh, ciri-ciri kesegarannya ialah: mata ikan bening/tidak buram, insangnya berwama merah renta dan berlendir serta tubuh ikan berlendir.
  2. Jika anda membeli ikan yang diiris tipis-tipis atau sudah dipotong-potong, yang perlu diperhatikan ialah: cium aroma daging ikan. Jika aromanya amis, berarti ikan itu segar.
  3. Tak ada salahnya membeli ikan yang masih dalam keadaan hidup. Jika tak memungkinkan, Anda harus memastikan reputasi toko/pasar yang menjUal ikan favorit Anda.

Tips Berbelanja Daging ayam


Sekarang ini wajib bagi kita semoga lebih berhati-hati dalam berbelanja daging ayam. Sebab sangat banyak dijumpai daging ayam dalam kondisi yang berbadan besar. Bila dimasak dagingnya men-ciut sesuai dengan aslinya.

Dalam hal ini ada beberapa tips cara menentukan dan membeli daging ayam. menyerupai kulit ayam yang berwama putih higienis dan mengkilat dan tidak dijumpai memar, busuk ayam yang spesifik, perhatikan pembuluh darah diseluruh tubuh tidak terlihat. Serabut otot berwarna agak pucat bekas daerah pemotongan dileher regangan-nya besar, dijual pada tempat-tempat yang menggunakan pendingin dan epilog serta tidak dijumpai bulu jarum pada daging ayam.

No comments:

Post a Comment