Sunday 11 August 2019

Jadi Cendekia Penerapan Seni Administrasi Pembelajaran Paud Tk Ra Melalui Bernyanyi


Bernyanyi intinya merupakan talenta alamiah yang dimiliki oleh seorang individu. Sejak lahir bayi telah mulai mengenal suara, ritme atau melodi melalui lagu yang dilantunkan oleh ibunya.

Di Taman Kanak-kanak, acara bernyanyi merupakan sebuah acara yang sanggup diintegarasikan ke dalam pembelajaran

Manfaat Bernyanyi


Kegiatan bernyanyi itu sendiri mempunyai banyak manfaat bagi perkembangan anak. Diantaranya sanggup mengurangi rasa cemas, menjadikan rasa percaya diri, menumbuhkan kreativitas anak serta sebagai salah satu alat untuk mengungkapkan emosi dan perasaan.

Prosedur Penerapan Pembelajaran melalui Bernyanyi


Pengalaman dalam bermusik sanggup membantu menyebarkan kemampuan daya pikir dan bahasa anak serta sanggup dijadikan sebagai sentra lingkungan mencar ilmu anak secara lebih menyeluruh. Dalam mengembnagkan mekanisme penerapan seni administrasi pembelajaran melalui bernyanyi guru harus mempertimbangkan karakteristik anak sehingga pembelajaran sanggup berlangsung lebih bermakna.

Penerapan Strategi pembelajaran melalui bernyanyi mengacu pada mekanisme pembelajaran yang telah dikembangkan sebelumnya, yaitu melalui tiga tahap sebagai berikut:

1. Tahap Perencanaan


Pada tahap ini Anda mulai memilih tujuan yang ingin dicapai, berupa tingkat pemahaman dan ketrampilan yang diperlukan dimiliki oleh anak dikala pembelajaran selesai. Selanjutnya Anda memilih pokok bahasan dan sub pokok bahasan. Dilanjutkan dnegan memutuskan tahapan acara yang akan dilalui oleh anak dlaam pembelajaran tersebut. Langkah terakhir ialah memutuskan alat evaluasi untuk melihat ketercapaian tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya

2. Tahap Pelaksanaan


Pada tahap ini Anda harus memutuskan tahapan acara yang akan dilalui anak selama proses pembelajaran berlangsung. Tahapan acara tersebut meliputi:

  • Kegiatan awal
  • Kegiatan tambahan
  • Kegiatan pengembangan

3. Tahap Penilaian


Pada tahap ini Anda memutuskan alat evaluasi yang sesuai untuk mengukur ketercapaian tujuan. Penilaian mengacu pada daftar pertanyaan yang dilakukan melalui pengamatan dengan mengacu pada daftar pertanyaan yang telah disusun.

No comments:

Post a Comment