Saturday 10 July 2021

Lebih Pintar Kriteria Ketuntasan Mencar Ilmu Kurikulum 2013 Smp/Mts Dan Sma/Smk - Khusus Sd/Mi Dalam Bentuk Deskripsi/Catatan Guru

Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...

Ketuntasan Belajar pada kurikulum 2013 terdiri atas ketuntasan penguasaan substansi dan ketuntasan berguru dalam konteks kurun waktu belajar. 

Ketuntasan penguasaan substansi yaitu ketuntasan berguru KD yang merupakan tingkat penguasaan penerima didik atas KD tertentu pada tingkat penguasaan minimal atau di atasnya, sedangkan ketuntasan berguru dalam konteks kurun waktu berguru terdiri atas ketuntasan dalam setiap semester, setiap tahun ajaran, dan tingkat satuan pendidikan.

Ketuntasan Belajar dalam satu semester ialah keberhasilan penerima didik menguasai kompetensi dari sejumlah mata pelajaran yang diikutinya dalam satu semester. 

Ketuntasan Belajar dalam setiap tahun pedoman ialah keberhasilan penerima didik pada semester ganjil dan genap dalam satu tahun ajaran. 

Ketuntasan dalam tingkat satuan pendidikan ialah keberhasilan penerima didik menguasai kompetensi seluruh mata pelajaran dalam suatu satuan pendidikan untuk memilih kelulusan penerima didik dari satuan pendidikan.

Nilai ketuntasan kompetensi perilaku dituangkan dalam bentuk predikat, yakni predikat Sangat Baik (SB), Baik (B), Cukup (C), dan Kurang (K) sebagaimana tertera pada tabel berikut.
NILAI KETUNTASAN SIKAP
(PREDIKAT)
Sangat Baik (SB)
Baik (B)
Cukup (C)
Kurang (K)
Ketuntasan Belajar untuk perilaku (KD pada KI-1 dan KI-2) ditetapkan dengan predikat Baik (B). Nilai ketuntasan kompetensi pengetahuan dan keterampilan dituangkan dalam bentuk angka dan huruf, yakni 4,00 – 1,00 untuk angka yang ekuivalen dengan abjad A hingga dengan D sebagaimana tertera pada tabel berikut.
NILAI KETUNTASAN
PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN
Rentang Angka
Huruf
3,85 – 4,00
A
3,51 – 3,84
A-
3,18 – 3,50
B+
2,85 – 3,17
B
2,51 – 2,84
B-
2,18 – 2,50
C+
1,85 – 2,17
C
1,51 – 1,84
C-
1,18 – 1,50
D+
1,00 – 1,17
D
Ketuntasan Belajar untuk pengetahuan ditetapkan dengan skor rerata 2,67 untuk keterampilan ditetapkan dengan capaian optimum 2,67. Khusus untuk SD/MI ketuntasan sikap, pengetahuan dan keterampilan ditetapkan dalam bentuk deskripsi yang didasarkan pada modus, skor rerata dan capaian optimum.

No comments:

Post a Comment