Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...
Proses pembelajaran pribadi yakni proses pendidikan di mana akseptor didik membuatkan pengetahuan, kemampuan berpikir dan keterampilan psikomotorik melalui interaksi pribadi dengan sumber berguru yang dirancang dalam silabus dan RPP berupa kegiatan-kegiatan pembelajaran.
Proses pembelajaran pribadi yakni proses pendidikan di mana akseptor didik membuatkan pengetahuan, kemampuan berpikir dan keterampilan psikomotorik melalui interaksi pribadi dengan sumber berguru yang dirancang dalam silabus dan RPP berupa kegiatan-kegiatan pembelajaran.
Dalam pembelajaran pribadi tersebut akseptor didik melaksanakan acara berguru mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi atau menganalisis, dan mengkomunikasikan apa yang sudah ditemukannya dalam acara analisis.
Proses pembelajaran pribadi menghasilkan pengetahuan dan keterampilan pribadi atau yang disebut dengan instructional effect.
Proses pembelajaran pribadi menghasilkan pengetahuan dan keterampilan pribadi atau yang disebut dengan instructional effect.
Ciri-ciri model pembelajaran pribadi antara lain:
a. Adanya tujuan pembelajaran dan mekanisme evaluasi hasil belajar
b. Sintaks atau teladan keseluruhan dan alur acara pembelajaran
c. Sistem pengelolaan dan lingkungan berguru yang mendukung berlangsung dan berhasilnya pengajaran
Sintaks acara pembelajaran langsung
Fase | Indikator | Peran Guru |
1 | Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa | Menjelaskan tujuan , bahan prasyarat, memotivasi dan mempersiapkan siswa |
2 | Mendemonstrasikan pengetahuan dan ketrampilan | Mendemonstrasikan ketrampilan atau menyajika gosip tahap demi tahap |
3 | Membimbing training | Memberikan latihan terbimbing |
4 | Mengecek pemahaman dan menawarkan umpan balik | Mengecek kamampuan siswa dan memberi kan umpan balik |
5 | Memberikan latihan dan penerapan konsep | Mempersiapkan latihan untuk siswa dengan menerapkan konsep yang dipelajari pada kehidupan sehari-hari |
No comments:
Post a Comment