Tuesday, 15 June 2021

Lebih Pintar Model Pembelajaran Pribadi (Direct Instruction)

Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...

Proses pembelajaran pribadi yakni proses pendidikan di mana akseptor didik membuatkan pengetahuan, kemampuan berpikir dan keterampilan psikomotorik melalui interaksi pribadi dengan sumber berguru yang dirancang dalam silabus dan RPP berupa kegiatan-kegiatan pembelajaran.

Dalam pembelajaran pribadi tersebut akseptor didik melaksanakan acara berguru mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi atau menganalisis, dan mengkomunikasikan apa yang sudah ditemukannya dalam acara analisis. 

Proses pembelajaran pribadi menghasilkan pengetahuan dan keterampilan pribadi atau yang disebut dengan instructional effect.

Ciri-ciri model pembelajaran pribadi antara lain:

a.   Adanya tujuan pembelajaran dan mekanisme evaluasi hasil belajar
b.   Sintaks atau teladan keseluruhan dan alur acara pembelajaran
c.   Sistem pengelolaan dan lingkungan berguru yang mendukung berlangsung dan berhasilnya pengajaran

Sintaks acara pembelajaran langsung
Fase
Indikator
Peran Guru
1
Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa
Menjelaskan tujuan , bahan prasyarat, memotivasi dan mempersiapkan siswa
2
Mendemonstrasikan pengetahuan dan ketrampilan
Mendemonstrasikan ketrampilan atau menyajika gosip tahap demi tahap
3
Membimbing training
Memberikan latihan terbimbing
4
Mengecek pemahaman dan menawarkan umpan balik
Mengecek kamampuan siswa dan memberi kan umpan balik
5
Memberikan latihan dan penerapan konsep
Mempersiapkan latihan untuk siswa dengan menerapkan konsep yang dipelajari pada kehidupan sehari-hari 

No comments:

Post a Comment