Monday 14 October 2019

Jadi Bakir Cara Mengelola Akun Operator Emis Pendis


Kelola akun operator EMIS (Education Management Information System) Pendis Kementerian Agama RI, dimana setiap sekolah wajib mendaftar sebab akun ini sebagai sarana untuk meng-upload data emis setiap forum pendidikan. Disamping itu data emis juga akan menjadi pola pemerintah sentra atau daerah, untuk menawarkan segala jenis dukungan dana ke sekolah. Mulai dari dukungan dana BOS (bantuan operasional sekolah), BSM (bantuan siswa miskin), pembangunan lokal sekolah. Bahkan (katanya) pencairan tunjangan sertifikasi atau profesi juga akan berpedoman pada data emis yang telah di upload ke sistem.

Terkait: Komponen data emis

Terlepas dari hal itu, ketika ini masih banyak operator yang masih belum mendaftarkan sekolahnya, dengan aneka macam hambatan yang dialaminya. Ada sebab kesalahan sistem, gagal upload SK, sudah daftar tapi belum aktif, bahkan ada yang sudah gagal beberapa kali. Jika anda belum mempunyai akun ini, segera daftar ulang.

Nah, kalau akun anda sudah aktif, sekilas saya akan menjelaskan beberapa fitur dasbor pada akun operator emis, saya anggap anda sudah masuk/login.

  1. Pengelola data: ketika ini belum tersedia sebab belum dibuka upload data
  2. Cari operator: disini anda dapat mengecek operator lain, atau mungkin akun anda untuk sekolah lain, tinggal memasukkan email kemudian cari atau enter.
  3. Profil operator: anda dapat mengubah data langsung anda yang mungkin ada kesalahan ketik waktu mendaftar. Saran saya, gunakan data anda sesuai dengan identitas asli, jangan menggunakan nama samaran atau lainnya ibarat akun media umum anda.
  4. Unggah SK: mungkin juga ada kesalahan, anda dapat upload ulang SK.
  5. Foto profil: saya yakin anda sudah mengerti, hanya saja sama ibarat poin 3, gunakan foto terbaru anda. Kenapa? hanya antisipasi saja, khawatir ada problem kedepan.
  6. Ubah password: anda juga dapat mengubah password. Sayangnya ketika ini masih belum ada fitur "lupa password" pada ketika masuk/login, sehingga kalau kita tidak dapat login, ya tidak dapat reset password. Kemarin saya sempat bicara soal ini ke admin kabupaten, mudah-mudahan dapat di tindak lanjuti.
  7. Ups... hampir lupa saya. Ada fitur buka tutup di sebelah kanan atas, tombol gerigi warna hitam. Silahkan pilih tampilan dasbor anda.
  8. Jika ada perhiasan atau perubahan, saya akan update disini.

Itu saja dari saya, kalau ada pertanyaan, jangan sungkan silahkan berkomentar dibawah. Terima kasih supaya bermanfaat...

No comments:

Post a Comment