Monday 14 October 2019

Jadi Berilmu Juknis Dan Lampiran Pinjaman Mgmp Pai Smp


Dengan petunjuk teknis pertolongan pemberdayaan musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) sanggup membantu Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI) sebagai pendidik profesional dengan kiprah utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, memberi teladan, menilai dan mengevaluasi penerima didik.

Dengan kata lain, GPAI diperlukan tidak hanya sanggup melaksanakan transfer of knowledge (pengetahuan), namun juga yang lebih penting sanggup melaksanakan transfer of values atau ethics (nilai atau etika). Upaya transfer of values  atau ethics kini ini merupakan suatu keharusan dan menjadi kebutuhan mendesak dalam kerangka menegakkan kembali nilai-nilai agama dan jati diri bangsa Indonesia ditengah aneka macam krisis yang sedang melanda bangsa Indonesia.

Untuk meningkatkan kinerja, menambah wawasan, dan meningkatkan kwalitas dalam melaksanakan kiprah sebagai pendidik pada pendidikan agama Islam, guru PAI membentuk KKG (untuk SD) dan MGMP (untuk SMP, Sekolah Menengan Atas dan SMK), sehingga impian tercapainya guru PAI menjadi guru yang inovatif, kreatif dan berdedikasi tinggi. Tentunya tercapainya tujuan pendidikan agama Islam.

Musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) guru pendidikan agama islam (GPAI) Sekolah Menengah Pertama merupakan lembaga silaturrahim bagi guru PAI pada Sekolah Menengah Pertama yang bertujuan untuk:

  1. Meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru PAI pada SMP
  2. Menyetarakan kompetensi dan propfesionalisme guru PAI pada Sekolah Menengah Pertama sehingga terwujud pemerataan mutu PAI di lingkungan SMP, dan
  3. Memecahkan aneka macam perkara yang dihadapi guru PAI dalam menjalankan tugasnya sehari-hari.

Karena MGMP dinilai kurang berfungsi maksimal, yang salah satunya penyebabnya lantaran tidak mempunyai dana operasional yang mendukung pengembangan kegiatan/program organisasi ini. Sehingga sebagian teman-teman (mungkin) harus mengeluarkan dana langsung tiap bulannya.

Oleh lantaran itu, Direktorat Pendidikan Agama Islam memperlihatkan Bantuan Pemberdayaan MGMP PAI Sekolah Menengah Pertama kepada sejumlah MGMP PAI Sekolah Menengah Pertama di Indonesia. Namun, akan dilakukan monitoring atau pengecekan sebelum mendapat pertolongan ini.

Juknis dan Lampiran Bantuan MGMP PAI SMP

Salah satu upaya untuk meningkatkan profesi GPAI dalam memahami aneka macam kompetensi di atas ialah pemberdayakan MGMP PAI Sekolah Menengah Pertama yang ada di kabupaten/kota. MGMP merupakan kelompok keja atau musyarah guru yang difungsikan sebagai wadah untuk menyebarkan profesi guru. Kelompok ini dipandang sangat strategis dan perlu terus diberdayakan guna terwujudnya guru yang professional.

Referensi : https://pendis.kemenag.go.id/

No comments:

Post a Comment