Tuesday 1 October 2019

Jadi Cerdik Skripsi Metode Talking Stick Bahan Pokok Persamaan Linear


Contoh skripsi "peningkatan hasil berguru siswa melalui metode talking stick pada bahan pokok sistem persamaan linear". Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.

Pada awal mulanya matematika dipandang sebagai suatu pelajaran yang sulit dalam dunia pendidikan, namun intinya matematika sangat erat hubungannya dengan kehidupan sehari -hari, sebagaimana yang dikemukakan oleh Turmudi (2010: 2) bahwa : “Dari pandangan yang semula matematika dipandang sebagai ilmu pengetahuan yang ketat dan terstruktur secara rapi kepandangan bahwa matematika ialah acara kehidupan manusia”.

Hal ini kuat terhadap cara memperolehnya, yaitu dari penyampaian rumus–rumus, definisi, aturan, hukum, konsep, prosedur, dan algoritma, menjadi penyampaian konsep–konsep matematika melalui konteks yang bermakna dan mempunyai kegunaan bagi siswa maupun bagi kehidupan pada umumnya.

Menurut Sukmadinata (2011: 24) “Pendidikan merupakan suatu kegiatan yang berintikan interaksi antara penerima didik dengan para pendidik serta banyak sekali sumber pendidikan”. Oleh lantaran itu dalam pendidikan, yang sangat kuat ialah guru, lantaran guru mempunyai peranan untuk membuatkan kreatifitas berfikir yang sanggup meningkatkan kemampuan berfikir siswa, serta sanggup meningkatkan kemampuan mengkontruksi pengetahuan gres sebagai peningkatkan penguasaan yang baik terhadap bahan pembelajaran.

Oleh lantaran itu guru harus memahami hakikat bahan pelajaran yang di ajarkannya sebagai suatu pelajaran yang sanggup membuatkan kemampuan berfikir siswa dan memahami banyak sekali metode pembelajaran yang sanggup merangsang kemampuan siswa untuk berguru dengan perencanaan pengajaran yang matang oleh guru.

Berdasarkan pengamatan yang sudah didapat peneliti terhadap proses pembelajaran di Sekolah Menengan Atas Negeri 3 Pamekasan, proses berguru mengajar di kelas masih kurang variatif. Guru lebih sering memakai metode konvensional atau hanya memakai metode tertentu, salah satunya memakai metode ceramah namun siswa kurang berperan aktif. Sesekali pernah diadakan metode diskusi untuk meningkatkan keaktifan berguru siswa namun mereka kurang serius dan tidak semua siswa berperan pada ketika kegiatan diskusi.

Situasi ini terlihat dari kondisi siswa di dalam kelas pada ketika proses kegiatan berguru mengajar (KBM), 70% siswa mengabaikan pelajaran ketika proses KBM berlangsung diantaranya siswa lebih suka berbicara dan bercanda dengan sahabat yang berada di bersahabat mereka. Semua itu disebabkan oleh kejenuhan siswa dan kekurang mengertian siswa terhadap bahan pelajaran yang berlangsung, khususnya pelajaran matematika. Untuk mengatasi kejenuhan tersebut, peneliti mencoba menerapkan metode Talking Stick.

Metode Talking Stick sanggup mendorong siswa untuk berani mengemukakan pendapat. Dalam Talking Stick, guru tidak menerangkan/menjelaskan suatu bahan namum siswa diminta untuk mempelajari sendiri suatu bahan dengan waktu yang ditetapkan oleh guru. Kemudian guru menciptakan sebuah permainan, dimana dalam permainan itu ada pertanyaan yang diwajibkan siswa menjawab pertanyaan itu. Maka dari itu siswa harus sudah siap dengan bahan tersebut.

Skripsi Metode Talking Stick Materi Pokok Persamaan Linear

Berdasarkan wawancara dengan guru matematika kelas X di Sekolah Menengan Atas Negeri 3 Pamekasan, diperoleh gosip bahwa siswa kelas X IPA 3 mengalami kesulitan pada bahan Sistem Persaman Linear khususnya pada submateri Penyelesaian Sistem Persamaan Linear. Pada bahan Sistem Persamaan linear ini 23 siswa dari 38 siswa memperoleh nilai kurang dari 70, baik dari nilai kiprah sehari-hari maupun nilai ulangan. Maka dari itu peneliti tertarik untuk mengambil bahan Sistem Persamaan Linear dalam penelitian.

Catatan: File ini semata-mata saya dapatkan dari teman-teman kuliah, Jika anda merasa pemilik file ini, silahkan hubungi kami melalui kontak yang tersedia!!!

No comments:

Post a Comment