Monday 14 October 2019

Jadi Pintar Makalah Analisis Karya Sastra Puisi


Makalah menganalisis karya sastra puisi indonesia. Puisi yaitu seni tertulis dimana bahasa dipakai untuk kualitas estetiknya untuk tambahan, atau selain arti semantiknya. Penekanan pada segi estetik suatu bahasa dan penggunaan sengaja pengulangan, meter dan rima yaitu yang membedakan puisi dari prosa. Namun perbedaan ini masih diperdebatkan.

Beberapa andal modern mempunyai pendekatan dengan mendefinisikan puisi tidak sebagai jenis literatur tapi sebagai perwujudan imajinasi manusia, yang menjadi sumber segala kreativitas. Selain itu puisi juga merupakan curahan isi hati seseorang yang membawa orang lain ke dalam keadaan hatinya.

Baris-baris pada puisi sanggup berbentuk apa saja (melingkar, zigzag dan lain-lain). Hal tersebut merupakan salah satu cara penulis untuk mengatakan pemikirannnya. Puisi kadang kala juga hanya berisi satu kata/suku kata yang terus diulang-ulang. Bagi pembaca hal tersebut mungkin membuat puisi tersebut menjadi tidak dimengerti. Tapi penulis selalu mempunyai alasan untuk segala 'keanehan' yang diciptakannya.

Tak ada yang membatasi harapan penulis dalam membuat sebuah puisi. Ada beberapa perbedaan antara puisi usang dan puisi baru

Di Indonesia, puisi telah mulai ditulis oleh Hamzah Fansuri dalam bentuk syair Melau dan ditulis dengan karakter Arab di selesai kala ke-16 atau awal kala ke-17 (Ismail, 2001:5).

Ahli-ahli sastra banyak yang membedakan dan membagi perpuisian Indonesia menjadi puisi usang dan puisi baru. Namun, apa yang disebut puisi usang itu masih tetap diapresiasi dan diproduksi hingga ketika ini. Disamping itu, puisi gres juga tidak sanggup melepaskan puisi usang alasannya ia sanggup jadi inspirasi yang penuh keindahan untuk dikerjakan.

Makalah Analisis Karya Sastra Puisi

Tujuan Penulisan
Tujuan-tujuan dalam penulisan makalah ini yaitu sebagai berikut :

  1. Untuk mengetahui pengertian dari puisi
  2. Untuk mengetahui unsur-unsur yang terdapat dalam karya sastra puisi
  3. Untuk mengetahui jenis-jenis puisi di Indonesia

Fokus Penelitian
Fokus penelitian dalam makalah ini yaitu :

  1. Apakah yang dimaksud dengan puisi?
  2. Unsur-unsur apa saja yang terdapat dalam karya sastra puisi?
  3. Apa sajakah jenis-jenis puisi di Indonesia?

No comments:

Post a Comment