Monday 14 October 2019

Jadi Berilmu Matikan Fitur Windows Yang Tidak Dibutuhkan


Windows ialah software yang berfungsi untuk mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada komputer sehingga masing-masing sanggup saling berkomunikasi. Namun tidak semua fitur yang yang ada pada windows diharapkan semua orang, menyerupai firewall, windows update, notify, dan lain-lain. Itu semua sangat mengganggu kinerja laptop, terutama yang sering browsing, bisa-bisa ngabisin kuota internet tanpa anda ketahui alasannya fitur itu bekerja otomatis. Dengan kata lain, jangan biarkan windows online otomatis ke server atau empunya.

Oke pribadi saja deh agar gak kelamaan bacanya, dan yang nulis agar gak capek. Saya sendiri memakai win 7, kenapa tidak win 8, 9, 10, 11, 12, 13,14, 15 … ?, hehe lanjutin sendiri ngitungnya. Pengalaman pernah pake win8, hadeh lebih parah dari win7. Win 8 banyak yang sanggup online otomatis, tidak hanya update dan firewall saja tapi berita, cuaca, maps, dan masih banyak lagi. Emang saya ini BMKG apa?

Ini yang biasa saya lakukan pada dikala meng-instal windows 7, saya nonaktifkan fitur-fitur diatas. Dengan cara yang sangat gampang, ikuti tips membuatkan dari saya berikut ini :

1. Mematikan fitur windows update dan lainnya


Start > Control panel > System and security > action center > change action center settings  > hilangkan semua tanda centang > Oke (ini otomatis kembali ke sajian “action center”), dibawahnya klik change user account control setting, disitu ada tombol yang sanggup ditarik keatas kebawah, silahkan anda tarik ke posisi paling bawah, kemudian Oke

2. Mematikan fitur Firewall


Start > Control panel > System and security > windows firewall > turn windows firewall on or off > ada dua kategori, home or work dan public network beri centang keduanya pada “turn off windows firewall”

3. Nonaktifkan aplikasi berjalan waktu start up (pertama dihidupkan)


Ketik “msconfig” pada seart yang ada di start sajian kemudian enter, di bab startup hilangkan tanda centang aplikasi yang tidak di inginkan. Biasanya saya hanya menyisakan anti virus, Bluetooth, dan kursor. Apply dan oke

Sebenarnya masih banyak cara untuk mempercepat loading PC/Laptop anda. Namun terkadang, cara itu tidak mengenakkan buat saya alasannya terlalu banyak yang di nonaktifkan sehingga kinerja laptop tidak maksimal. Coba bayangkan, untuk apa anda punya laptop manis dengan processor core I3, RAM 4 GB, hard dics 1 TB (1000 GB) kalau ujung-ujungnya banyak fitur yang dinon-aktifkan. Sama saja bohong lah!!! Contohnya menyerupai ini :
  • Search index : berfungsi untuk melaksanakan pencarian aplikasi/file/folder yang ada. Biasanya saya gunakan kalau lupa meletakkan sebuah file dimana.
  • Aero theme : ini untuk memperindah tampilan
  • Visual effects : tampilan juga
  • Sound system : saya yakin anda sudah tahu ini
  • Dan masih banyak lagi, sanggup anda klik tombol dibawah

DOWNLOAD

Jika semua itu anda matikan, maka anda tidak akan puas dengan kinerja laptop anda yang super mahal, super bagus, super canggih, super cepat, dan super-super yang lain.

No comments:

Post a Comment