Monday 14 October 2019

Jadi Pintar Hapus Aplikasi Pc/Laptop Yang Tidak Dibutuhkan


Menghapus aplikasi agar kinerja PC/laptop lebih maksimal. Aplikasi ialah perangkat yang berinteraksi dengan pengguna untuk mengolah atau memperlihatkan layanan sesuai kebutuhan. Mulai dari pengolah kata, musik, video, gambar, browsing, dan lain sebagainya. Namun tidak sedikit juga pengguna (terutama pemula) menginstal aplikasi yang berlebihan, tidak disadari bahwa itu membebani perangkat keras menyerupai processor, RAM, hard disc, dan lain-lain.

Aplikasi yang berlebihan yang sesungguhnya tidak dibutuhkan, biasanya mereka melihat PC/Laptop teman ada aplikasi ini itu dan tertarik untuk memasang juga di laptopnya, padahal beliau sendiri tidak membutuhkannya. Prinsipnya “asal pakai dan asyik kalau ada sekian aplikasi di laptop” yang kemudian akan menciptakan kinerja perangkat keras melemah atau bahkan dapat error.

Contoh sederhana. CorelDraw, aplikasi untuk menciptakan gambar/logo. Jika anda tidak punya kebutuhan untuk menciptakan gambar/logo, ya jangan pasang aplikasi ini. Buat apa coba?

Atau memasang aplikasi lebih dari satu dengan fungsi yang sama

  1. Musik : Winamp dan Aimp
  2. Video : KMPlayer dan GOMPlayer
  3. Browsing : Mozilla Firefox, Google Chrome, Facebook, twitter, opera, dan lainnya

Jika aplikasi diatas anda pasang semua, itu namanya berlebihan. Pasang salah satu saja dari teladan yang aku sebutkan agar kinerja PC/laptop anda dapat maksimal. Seperti aku (misal):

  1. Microsoft Office : untuk membantu pekerjaan aku sebagai admin sekolah dan blog
  2. Photoshop : sebab memang sering edit gambar anak aku dan gambar artikel blog
  3. Nero : membantu aku untuk menciptakan arsip file ke VCD/DVD
  4. Tune Up : untuk membersihkan sampah pada laptop saya
  5. IZArc : untuk mengompres file/folder
  6. Foxit Phantom : untuk membaca file PDF
  7. Mozilla Firefox : terang buat ngeblog, blogwalking dan lainnya
  8. Corel Draw : ini juga yang aku butuhkan, sebab memang aku sering menciptakan logo untuk membantu sekolah lain yang belum punya. Seperti kini nih, ada 32 sekolah yang minta dibuatin logo. Hadeh… pusing 64 keliling. Tapi Alhamdulillah masih sempet ngeblog dan blogwalking.

Lalu bagaimana dengan aplikasi bawaan windows? Dalam hal ini bukan menghapus, tapi menonaktifkan fitur-fitur yang tidak dibutuhkan. Caranya gampang, pada kolom search di start menu, ketik "Windows Features" tanpa tanda kutip, kemudian enter. Kemudian hilangkan tanda centang pada fitur yang tidak anda butuhkan.

Bukankah kita dianjurkan untuk berhemat? Perangkat pun juga harus hemat, sebab ujung-ujungnya uang. Jika PC/Laptop anda simpel error, nge-blank, sering macet, itu tandanya ada perangkat yang sudah stadium akhir. Gimana, anda mau hemat???

Seperti kata teman saya: "Hai orang-orang yang beriman, barang siapa diantara kau sekalian sering ber-SMS ria, pasti kau akan tersiksa di hari pengisian pulsa"

No comments:

Post a Comment