Monday 14 October 2019

Jadi Pintar Skripsi Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw


Skripsi "Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Pokok Bahasan Statistika". Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Program Studi Matematika. Pendidikan memegang peranan penting dalam mewujudkan sumber daya insan (SDM) yang berkualitas. Untuk mewujudkan SDM yang berkualitas maka tidak terlepas dari pendidikan, yang di dalamnya terdapat suatu sistem pembelajaran.

Pembelajaran ialah proses interaksi baik antara insan dengan insan ataupun antara insan dengan lingkungan. Proses interaksi ini diarahkan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Misalnya yang bekerjasama dengan tujuan perkembangan kognitif, afektif atau psikomotor yang kaitannya dengan meningkatkan aspek pengetahuan.

Dalam periode global kini ini dimana perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin maju, sebagai warga Indonesia dihentikan ketinggalan zaman dengan datangnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Matematika merupakan ilmu yang sangat luas sekali dan bisa dipakai diberbagai bidang, menyerupai di bidang teknologi gosip dan komunikasi.

Matematika diperkenalkan dan diajarkan semenjak di kursi SD (Sekolah Dasar), SMP (Sekolah Menengah Pertama) dan Sekolah Menengan Atas (Sekolah Menengah Atas). Sedangkan untuk memperdalaminya mengenai matematika harus menempuhnya di kursi kuliah. Dengan mempelajari matematika diperlukan sanggup berfikir secara logis, analitis, dan sistematis sehingga dibutuhkan latihan yang konsisten dan efektif untuk memenuhi hal tersebut.

Siswa menganggap bahwa matematika sulit dipahami alasannya ialah banyak memakai rumus-rumus, ditambah lagi alasannya ialah pendekatan yang dilakukan guru matematika tidak sesuai dengan karakteristik bahan yang disampaikan, sehingga membuat mereka tidak mengerti dengan bahan tersebut. Maka dari itu sebagai guru matematika semoga siswa tertarik dan bahagia dengan pelajaran matematika, sebagai guru hendaknya memakai suatu strategi/pendekatan selama acara pembelajaran berlangsung, asalkan penggunaan strategi/ pendekatan ini diubahsuaikan dengan bahan yang akan diajarkan kepada siswa.

Terkadang apabila siswa mengalami kesulitan dalam bahan pelajaran, kebanyakan dari mereka aib untuk bertanya kepada gurunya, atau waktu pelajaran sudah habis, dan lain sebagainya. Maka dari itu biasanya siswa akan bertanya kepada sobat yang dianggap bisa untuk mengatasi dilema bahan pelajaran yang dimaksud. Dari dilema inilah, seorang guru dalam acara berguru mengajar di kelas bisa memakai model pembelajaran kooperatif. Menurut Trianto (2007: 41) pembelajaran kooperatif muncul dari konsep bahwa siswa akan lebih gampang menemukan dan memahami konsep yang sulit jikalau mereka saling berdiskusi dengan temannya.

Pembelajaran kooperatif merupakan pembelajaran yang secara sadar dan sengaja membuat interaksi yang saling menyayangi antar sesama siswa (Nurhadi, 2003 : 60). Dalam pembentukan kelas kooperatif ini, siswa berguru dengan sobat kelompoknya yang heterogen, dari segi kemampuan, jenis kelamin, suku/ ras yang berbeda. Antar sobat kelompok saling membantu sehingga bahan yang dipelajari akan tuntas dan setiap anggota dalam kelompok memahami bahan pelajaran yang dipelajarinya.

Skripsi Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw

Di dalam pembelajaran kooperatif terdapat beberapa variasi dari model ini, antara lain tipe jigsaw. Model pembelajararan kooperatif tipe jigsaw siswa ikut aktif dalam acara berguru mengajar, alasannya ialah dalam tipe jigsaw ini setiap anggota dalam kelompoknya memiliki tanggung jawab masing - masing, mereka sehabis dibuat menjadi kelompok asal, kemudian dibentuklah kelompok andal untuk mempelajari suatu bahan pelajaran yang telah dibagikan oleh gurunya.

Setelah kelompok andal membahas bahan pelajaran mereka kembali ke kelompok asal untuk menjelaskan kembali kepada anggota kelompok mengenai bahan yang telah dipelajari di kelompok ahli. Setelah itu guru menawarkan kuis kepada masing - masing siswa untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa mengenai bahan yang telah dipelajari.

Catatan: File ini semata-mata saya dapatkan dari teman-teman kuliah, Jika anda merasa pemilik file ini, silahkan hubungi kami melalui kontak yang tersedia!!!

No comments:

Post a Comment