Thursday 31 January 2019

Jadi Cerdik Inilah Media Pembelajaran Yang Dapat Anda Coba Di Sekolah / Madrasah


Agar penyampaian materi kepada penerima didik sanggup diterima baik dan menarik, tidak cukup hanya memanfaatkan pendengaran saja, yaitu penyampaiannya hanya dengan metode ceramah atau dengan kalimat-kalimat lisan saja. Tetapi sebaiknya juga memanfaatkan alat peraga yang bisa dinikmati oleh indera penglihatan.

Ada beberapa macam media pembelajaran berupa alat bantu yang sangat simpel dan umumnya tersedia dikelas, yang bisa menciptakan suatu kegiatan pembelajaran mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Yaitu sesudah berakhirnya pembelajaran menghasilkan perubahan tingkah laris atau hasil perbuatan yang memberi petunjuk bahwa suatu proses mencar ilmu telah berlangsung. Atau pernyataan-pernyataan perihal apa yang harus dilakukan penerima didik atau perihal tingkah laris yang bagaimana yang diperlukan dari penerima didik sesudah ia menuntaskan pembelajaran tertentu.

Namun hal-hal yang idealis diatas tadi kemungkinan tidak akan tercapai apabila cara penyampaiannya tidak tepat. Meskipun materi pelajaran menarik minat bagi penerima didik atau situasi dan lingkungan sangat mendukung semuanya bisa saja menemui kegagalan apabila cara penyampaiannya materi pelajaran tidak menarik. Sangat berbagai cara-cara penyampaian materi pelajaran supaya sanggup diterima dan diingat dengan baik oleh penerima didik.Salah satu cara yang sangat efektif ialah pamakaian alat bantu media pembelajaran.

Mangapa kita harus memakai alat bantu pembelajaran?

Menurut penyelidikan para hebat , daya serap panca indera seseorang tidaklah sama, sebagai berikut :

  1. Penciuman: 1 %
  2. Perasa : 2,5 %
  3. Peraba : 3,5 %
  4. Pendengaran: 11 %
  5. Penglihatan: 82 %

Dari data tersebut diatas bisa kita lihat bagaimana peranan masing-masing kelima indera insan didalam membantu proses seseorang untuk belajar. Dan kemampuan mendapatkan pesan yang paling tinggi ialah pendengaran dan penglihatan, Darisitu bisa ditarik kesimpulan apabila penyampaian materi lebih banyak memanfatakan indera penglihatan akan memperoleh hasil yang pa;ing tinggi. Dan apabila jika bisa memanfaatkan indera penglihatan dan dipadu dengan pendengaran secara berbarengan hasilnya tentu akan lebih maksimal lagi.

Pengertian Media Pembelajaran


Media pembelajaran: ialah segala sesuatu yang sanggup dipakai untuk memberikan pesan atau informasi dalam proses mencar ilmu mengajar sehingga sanggup merangsang perhatian dan minat siswa dalam belajar.

Tujuan Penggunaan Media Pembelajaran


  1. Memberi fasilitas kepada penerima didik untuk memahami materi pelajaran
  2. Memberikan pengalaman mencar ilmu yang berbeda dan bervariasi
  3. Menumbuhkan perilaku dan keterampilan dalam penggunaan teknologi
  4. Menciptakan situasi mencar ilmu yang tidak gampang dilupakan

Fungsi media pembelajaran


  1. Menciptakan situasi pembelajaran yang efektif
  2. Bagian integral dari keseluruhan situasi pembelajaran
  3. Meletakkan dasar-dasar yan kongkrit dan konsep yang aneh sehingga sanggup mengurangi verbalisme
  4. Membangkitkan motivasi belajar
  5. Mempertinggi mutu pembelajaran

Manfaat media pembelajaran


  1. memperlancar proses interaksi
  2. penyampaian materi pelajaran sanggup diseragamkan
  3. proses pembelajaran menjadi menarik
  4. proses pembelajaran menjadi iteraktif
  5. jumlah waktu pembelajaran sanggup dikurangi
  6. kualitas mencar ilmu siswa sanggup ditingkatkan
  7. proses mencar ilmu sanggup terjadi dimana dan kapan saja
  8. meningkatkan perilaku positif siswa
  9. peran guru lebih positif dan produktif
  10. mengatasi keterbatasan ruang
  11. menimbulkan pengalaman sama

Prinsip-prinsip pemilihan media pembelajaran


  1. Berdasarkan tujuan pembelajaran.
  2. Sesuai karakteristik penerima didik.
  3. Sesuai dengan kemampuan guru/dosen.
  4. Sesuai dengan situasi kondisi, waktu dan tempat.
  5. Sesuai dengan karakteristik media pembelajaran.
  6. Sesuai dengan ketersediaan media pembelajaran.

Prinsip umum penggunaan media


  1. media tidak sanggup 100 % menggantikan tugas guru
  2. perlu persiapan yang matang: ( siswa, guru, alat/program, tempat)
  3. pertimbangkan mutu media : (handal, sistem, spesipikasi, praktis, keselamatan/ keamanan)
  4. media harus terperinci dan menarik
  5. ketersediaan media
  6. pertimbangkan waktu yang ada

Jenis- jenis media pembelajaran


  1. Media visual dua dimensi tidak transparan
  2. Media visual dua dimensi yang transparan
  3. Media visual tiga dimensi
  4. Media Audio
  5. Media Audio–Visual
  6. Multimedia

1. Media visual bukan transparasi

  • grafik
  • chart atau bagan
  • Peta
  • Diagram
  • Poster
  • Karikatur
  • komik
  • gambar
  • photo
  • buku, majalah,
  • diktat, makalah dll

2. Media visual dua dimensi transparan

  • film slide
  • Ohp/oht
  • Film strip
  • Micro film

3. Media visual 3 dimensi

  • benda sesungguhnya
  • model
  • diorama
  • mock up
  • specimen

4. Media audio

  • radio
  • audio tape recorder
  • alat musik modern / tradisional
  • cd player
  • ph
  • sound system
  • telephone / hp

5. Media audio visual

  • television
  • video system
  • sinema/ film
  • computer

6. Multimedia

  • film/ tv / vcd/
  • radio
  • musik
  • e- mail, e- learning
  • media cetak/ berita
  • telecomprence

KESIMPULAN
Pemakaian media pembelajaran perlu adanya pengebangan media pengajaran, adapun berdasarkan arief s. Sadiman, mengemukakan urutan-urutan dalam pengembangan aktivitas media sebagai berikut :

  1. Menganalisis kebutuhan dan karakteristik siswa.
  2. merusmuskan tujuan instruksional secara operasional dan jelas.
  3. menemukan butir-butir materi secara terperinci yang sanggup mendukung terciptanya tujuan.
  4. mengembangkan alat ukur keberhasilan.
  5. menulis naskah media.
  6. mengadakan tes dan revisi..

No comments:

Post a Comment