Thursday 31 January 2019

Jadi Cerdik 6 Bentuk Tingkatan Soal Kognitif / Tingkat Kesulitan Soal


Dalam Kisi-kisi UN dan USBN dikenal istilah Level Kognitif. Apa Yang Dimaksud Level Kognitif? Level kognitif merupakan tingkat kemampuan penerima didik secara individual maupun kelompok. Dalam ranah kognitif itu terdapat enam aspek atau jenjang proses berfikir, mulai dari jenjang terendah hingga dengan jenjang yang paling tinggi.

Pada 6 tingkatan atau jenjang soal kognitif yang sering diistilahkan dengan tingkat kesulitan soal, sebagai berikut:

1. Bentuk Soal Ingatan


Kemampuan untuk mengenal atau mengingat kembali wacana sesuatu.

Contoh:
1. Daerah penghasil jagung utama Indonesia yakni ….
a. Jawa Barat
b. Lampung
c. Sumatera Barat
d. Madura

2. Ketahanan indonesia meliputi kebulatan aspek sosial dan aspek alamiah. Kedua aspek tadi disebut....
a. Dwi gatra
b. Catur gatra
c. Panca gatra
d. Tri gatra

Penjelasan:
Contoh soal di atas hanya mengukur kemampuan ingatan atau hapalan lantaran siswa dituntut untuk mengingat kembali/menyebutkan kawasan penghasil jagung di Indonesia tanpa memahami atau menerapkannya

2. Bentuk Soal Pemahaman


Kemampuan untuk memahami sesuatu yang berarti mengetahui terlebih dahulu wacana sesuatu hal serta melihatnya dari aneka macam segi, apakah dengan menguraikan, menerangkan, atau memperluas arti suatu istilah.

Contoh:
Dalam artian luas, pertanian itu meliputi ….
a. pertanian materi pangan, kehutanan, dan peternakan
b. pertanian materi pangan, kehutanan, peternakan, perikanan
c. pertanian materi pangan, perkebunan, kehutanan, perikanan, dan peternakan
d. perkebunan, kehutanan, perikanan, dan peternakan

Penjelasan:
Contoh soal tersebut menuntut siswa untuk memahami kedua arti, baik secara sempit maupun secara luas dari istilah pertanian. Selain itu siswa harus menguraikannya.

3. Bentuk Soal Penerapan (aplikasi)


Proses berpikir yang setingkat lebih tinggi dari pemahaman. Dalam aplikasi, siswa diharapkan bisa memilih, menggunakan, dan menerapkan dengan sempurna suatu teori, hukum, atau metode pada situasi gres atau situasi lain.

Contoh:
Seorang petani mempunyai sebidang tanah yang luasnya 250m2 yang ditanami pohon Albasiah, tiap 5 m2 ditanami 1 (satu) batang pohon. Maka, banyaknya batang pohon yang diharapkan untuk ditanam pada lahan tersebut adalah….
a. 45
b. 48
c. 50
d. 55

Penjelasan:
Pada teladan soal di atas siswa dituntut untuk menerapkan/mengaplikasikan prinsip pembagian untuk memecahkan problem tersebut, yakni 250 : 5 = 50

4. Bentuk soal Analisis


Kemampuan untuk merinci atau menguraikan suatu materi atau keadaan berdasarkan bagian-bagian yang lebih kecil (komponen) atau faktor-faktor penyebabnya dan bisa memahami relasi di antara bagian/faktor yang satu dengan lainnya.

Contoh:
Faktor penyebab terjadinya kesulitan berguru pada diri anak sanggup berasal dari anak itu sendiri (internal) dan dari luar (eksternal). Kedua faktor ini mempunyai variabel tersendiri, faktor internal mempunyai variabel-variabel sebagai berikut ….
a. kurikulum, buku pelajaran, metode mengajar
b. bakat, minat, kemampuan, kecerdasan, dan usia
c. sekolah, akomodasi belajar, masyarakat
d. ekonomi orang tua, status sosial orang tua, dan pergaulan
e. guru, teman sejawat, lokasi sekolah

Penjelasan:
Contoh soal di atas menuntut kemampuan siswa untuk menganalisis atau menguraikan sebab-sebab terjadinya kesulitan berguru yang terdapat dalam diri anak (faktor internal)

5. Bentuk Soal Sintesis


Kemampuan berpikir yang merupakan kebalikan dari proses analisis, suatu proses yang memadukan bagian-bagian, atau unsur secara logis sehingga menjadi suatu pola struktur atau bentuk yang baru.

Contoh:
Dengan memperhatikan gejala-gejala yang tampak, menyerupai anak suka melamun, gampang melupakan pelajaran, tidak mempunyai bakat, dan sering sakit-sakitan. Variabel-variabel tersebut apabila dibiarkan akan menimbulkan ….
a. meningkatnya prestasi berguru siswa
b. menambah beban bagi guru dalam mengajar
c. mempermudah kiprah guru dalam mengajar
d. terjadinya kesulitan belajar
e. berfungsinya guru bimbingan dan konseling

Penjelasan:
Pada soal di atas, siswa dituntut untuk memadukan pecahan (variabel) secara logis. Dalam hal ini yang dimaksud dengan pecahan yakni variabel-variabel (anak suka melamun, gampang melupakan pelajaran, tidak mempunyai bakat, sering sakit), lalu siswa diharapkan mengambil kesimpulan bahwa variabel tersebut akan menimbulkan terjadinya kesulitan belajar

6. Bentuk Soal Evaluasi


Yaitu jenjang tertinggi dalam kognitif, yang merupakan kemampuan untuk sanggup menunjukkan pertimbangan terhadap suatu situasi, nilai-nilai, ide-ide berdasarkan patokan atau kriteria tertentu. Misalnya, bila seseorang dihadapkan pada beberapa pilihan yang terbaik sesuai dengan kriteria tertentu. Kriteria ini dilihat dari aneka macam segi menyerupai ketepatgunaan, ketapatan waktu, dampak/efek samping, laba dan kerugiannya, dan sebagainya.

Contoh:
Ditinjau dari segi pendidikan, aktivitas nasional Keluarga Berencana (KB) mempunyai beberapa tujuan, di antaranya ….
a. meningkatnya jumlah anak usia sekolah
b. kualitas pendidikan menurun
c. daya tampung sekolah menjadi terbatas
d. meningkatnya daya tampung serta kualitas pendidikan

Penjelasan:
Pada teladan soal di atas, siswa diharapkan bisa menilai tujuan-tujuan Keluarga Berencana yang dihibungkan dengan kriteria pendidikan. Dari evaluasi tersebut, siswa diharapkan sanggup menentukan tujuan KB menyerupai pada option d yang relevan dengan kriteria pendidikan.

Selengkapnya bisa anda download dokumen ini pada link di bawah ini:
6 Bentuk Tingkatan Soal Kognitif

Demikian dari kami sedikit wacana bentuk tingkatan pembuatan soal kognitif, semoga bermanfaat...

No comments:

Post a Comment