Thursday 31 January 2019

Jadi Cerdik Indikator Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini Usia 0-6 Tahun


Indikator pencapaian perkembangan anak yakni penanda perkembangan yang spesifik dan terukur untuk memantau/menilai perkembangan anak pada usia tertentu. Indikator pencapaian perkembangan anak merupakan kontinum / rentang perkembangan anak semenjak lahir hingga dengan usia 6 tahun. Indikator pencapaian perkembangan anak berfungsi untuk memantau perkembangan anak dan bukan untuk dipakai secara pribadi baik sebagai materi asuh maupun acara pembelajaran. Indikator pencapaian perkembangan anak dirumuskan menurut Kompetensi Dasar (KD).

Kompetensi Dasar (KD) dirumuskan menurut Kompetensi Inti (KI). Kompetensi Inti (KI) merupakan citra pencapaian Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak pada simpulan layanan PAUD usia enam tahun yang dirumuskan secara terpadu dalam bentuk KI Sikap Spiritual, KI Sikap Sosial, KI Pengetahuan, dan KI Keterampilan.

Indikator pencapaian perkembangan anak untuk KD pada KI Sikap Spiritual dan KD pada KI Sikap Sosial tidak dirumuskan secara tersendiri. Pembelajaran untuk mencapai KD-KD ini dilakukan secara tidak langsung, tetapi melalui pembelajaran untuk KD-KD pada KI Pengetahuan dan KI Keterampilan. Dengan kata lain, sikap kasatmata anak akan terbentuk saat beliau mempunyai pengetahuan dan mewujudkan pengetahuan itu dalam bentuk hasil karya dan/atau unjuk kerja.

Indikator pencapaian perkembangan anak untuk KD pada pengetahuan dan KD pada keterampilan merupakan satu kesatuan alasannya yakni pengetahuan dan keterampilan merupakan dua hal yang saling berinteraksi.

Download Indikator Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini Usia 0-6 Tahun



Selengkapnya wacana Indikator Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini Usia 0-6 Tahun dapat anda download pada link di bawah ini:
Indikator PAUD K13

Demikian dari saya, sekian terima kasih dan supaya bermanfaat...

No comments:

Post a Comment