Wednesday 30 January 2019

Jadi Bakir Pengertian, Prinsip Pkb Kepala Madrasah Serta Pelaksanaan Dan Penilaian


Pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) yaitu proses dan kegiatan yang dirancang untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan perilaku profesional kepala sekolah/madrasah yang dilaksanakan berjenjang, bertahap, dan berkesinambungan dalam rangka meningkatkan administrasi dan kepemimpinan sekolah/madrasah.

PKB dilakukan secara terus menerus alasannya yaitu PKB berkaitan dengan pengembangan diri dalam rangka peningkatan kinerja dan karir kepala Madrasah.

PKB bagi kepala madrasah mempunyai tujuan umum untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, keterampilan, dan kinerja profesional kepala sekolah/madrasah dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran penerima didiknya.

Prinsip-Prinsip PKB Kepala Sekolah/Madrasah:


  1. Terencana (Intensional)
  2. Proses Berkelanjutan (On-going Process)
  3. Sistemik
  4. Fokus Pada Siswa dan Pembelajaran
  5. Menitikberatkan Pada Perubahan Individu dan Madrasah
  6. Mengarah Pada Visi Madrasah
  7. Melekat Pada Kegiatan Sehari-Hari

Penjenjangan Program PKB KM


  1. Tingkat pertama: Kompetensi minimal yang harus dimiliki oleh setiap kepala Madrasah semoga sanggup menjalankan kiprah pokok dan fungsinya sebagai kepala Madrasah pemula
  2. Tingkat kedua: Perluasan dan pengembangan dari Kompetensi Tingkat I, Kepala Madrasah yang mempunyai kompetensi ini harus sanggup mengadaptasi, memodifikasi dan membuat penemuan sederhana terhadap metode, prosedur, dan teknik kepemimpinan Madrasah.
  3. Tingkat ketiga: (a) kompetensi tertinggi, kepala Madrasah semoga sanggup menjalankan kiprah pokok dan fungsinya sebagai kepala Madrasah pakar. (b) Kepala sekolah harus bisa mengatakan bahwa mereka mempunyai kompetensi yang tinggi melalui bukti kinerja dengan cara melaksanakan penemuan dan membuat metode, prosedur, teknik dan kepakaran perihal kepemimpinan Madrasah.

Macam-macam dan jenis PKB-KM


1. Pengembangan diri:

  • Diklat fungsional
  • Studi praktik yang baik (good practices) dari Lembaga lain
  • Keterlibatan dalam pengembangan Madrasah
  • Kegiatan kolektif
  • Kajian atau penelitian tindakan (action research)
  • Pembelajaran sanggup bangun diatas kaki sendiri atau individual guided learning
  • Mentoring

2. Publikasi Ilmiah:

  • Menulis karya ilmiah
  • Menulis karya populer
  • Menjadi pemakalah / nara sumber

3. Karya Inovatif:

  • Menulis buku teks, materi diklat atau pedoman-pedoman yang relevan dan berkaitan dengan kompetensi, kiprah pokok dan fungsi kepala Madrasah.
  • Terlibat dalam pengembangan standar-standar yang berkaitan dengan administrasi dan sumber daya pendidikan.
  • Mengembangkan metode kerja atau teknologi yang mempunyai kegunaan bagi peningkatan kepemimpinan dan administrasi Madrasah

Download dokumen kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan kepala madrasah



Selengkapnya bisa anda download pada link berikut ini:
PKB kepala madrasah

Langkah-Langkah Perencanaan PKB KM yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian.

A. Perencanaan PKB


1). Analisis Kebutuhan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (AKPKB), berpatokan pada:

  • Standar kompetensi kepala Madrasah sesuai dengan PMA 58/2017
  • Visi, misi, tujuan dan kebijakan pendidikan Kemenag Kabupaten/Kota, Propinsi, atau Nasional;
  • Visi, misi, tujuan, kebijakan dan kegiatan pengembangan Madrasah

2) Pedoman Prioritas PKB, Penentuan Prioritas didasarkan pada:

  • Kemampuan meningkatan kualitas pembelajaran di sekolah yang pada gilirannya akan meningkatkan prestasi berguru siswa;
  • Pentingnya pemenuhan kebutuhan PKB dengan peningkatan kualitas kepemimpinan;
  • Keterlaksanaan (fisibilitas) PKB ditinjau dari ketersediaan waktu, pendanaan, tempat, sumber, dan akomodasi belajar, serta faktor-faktor pendukung lainnya

Perumusan Tujuan PKB merupakan hasil yang diperlukan akan dicapai sesudah melaksanakan PKB , berupa peningkatan kompetensi KM sesuai dengan kebutuhan yang mencakup: pengembangan aspek Pengetahuan, keterampilan, sikap, dan kinerja kepala sekolah/Madrasah.

Pemilihan dan Penentuan Strategi PKB
Strategi yang sempurna dan efektif sanggup ditentukan dengan menjawab sejumlah pertanyaan sebagai berikut:

  • Metode penyajian (delivery methods) apa yang terbaik untuk diterapkan semoga tujuan PKB sanggup tercapai dan kebutuhan seluruh kepala sekolah sanggup terpenuhi ?
  • Sumber daya apa yang harus disediakan untuk mencapai tujuan PKB yang telah dirumuskan ?
  • Bagaimana bentuk materi pembelajaran pendidikan dan training untuk pengembangan diri ?

B. Pelaksanaan PKB


Pelaksanaan PKB bisa dilakukan dengan cara:

  • PKB individual kepala madrasah
  • PKB melalui kegiatan KKM (kelompok kerja madrasah) atau kegiatan MGMP (musyawarah guru mata pelajaran)
  • PKB tingkat kabupaten/kota, provinsi, dan nasional

C. Penilaian Hasil PKB


Penilaian Hasil PKB bertujuan untuk mengetahui sejauh mana tujuan yang ditetapkan telah tercapai.

Penilaian terhadap Implementasi Hasil PKB bertujuan untuk mengetahui sejauh mana hasil-hasil PKB yang telah dicapai oleh kepala madrasah diimplementasikan dalam pelaksanaan tugasnya sehari-hari.

No comments:

Post a Comment