Thursday 31 January 2019

Jadi Cendekia Petunjuk Teknis Pinjaman Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (Ppkb)


Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB) ialah proses dan aktivitas yang dirancang untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan perilaku profesional guru dan tenaga kependidikan madrasah yang dilaksanakan berjenjang, bertahap, dan berkesinambungan dalam rangka meningkatkan kompetensi dan kinerja guru dan tenaga kependidikan di madrasah.PKB mencakup pengembangan diri (PD), publikasi ilmiah (PI), dan karya inovatif (KI).

Pelaksanaan PPKB dilaksanakan menurut kebutuhan nyata, bukan sekedar harapan guru. Oleh sebab itu setiap pelaksanaan aktivitas PPKB harus mempunyai dasar atau baseline dalam pelaksanaannya.

Tujuan pemberian Bantuan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB) melalui KKM/KKG/MGMP pada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Tahun Anggaran 2018 ini ialah untuk membantu KKM/KKG/MGMP dalam melaksanakan aktivitas peningkatan kompetensi guru dan pembentukan komunitas berguru guru.

Adapun sasaran peserta santunan ini ialah sebagai berikut: Kelompok Kerja Guru (KKG) RA/MI; Musyawarah Guru Mata Pelajaran(MGMP) MTs/MA; Kelompok Kerja Kepala RA/Madrasah (KK RA/KKM MI/MTs/MA).

Manfaat Bantuan Dana Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB) melalui KKM/KKG/MGMP pada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Tahun Anggaran 2018 ialah untuk memperlihatkan motivasi kepada guru melalui KKM/KKG/MGMP dan membangun sistem peningkatan pengetahuan, keterampilan, dan perilaku profesional guru dalam menjalankan tugasnya sebagai pendidik profesional.

Jenis aktivitas yang dilaksanakan untuk mencapai tujuan sebagaimana disebutkan di atas ialah sebagai berikut:

  1. Pengembangan diri berupa pelatihan, workshop, pendampingan aktivitas dalam mendukung kompetensi guru.
  2. Melakukan aktivitas training terkait Karya Tulis Ilmiah (KTI) menyerupai penelitian tindakan kelas, penelitian tindakan sekolah dan sejenisnya;
  3. Menyelenggarakan training terkait dengan Karya Inovatif (KI) dalam mendukung aktivitas pembelajaran di RA dan di madrasah.
  4. Karya Inovatif (KI) dalam mendukung aktivitas pembelajaran di RA dan di madrasah.
  5. Menyelenggarakan aktivitas ilmiah, menyerupai seminar hasil penelitian, dan diskusi panel.
  6. Menyelenggarakan aktivitas pengenalan dan pengembangan pendidikan inklusi/pendidikan di madrasah.

Lampiran-lampiran yang harus dilengkapi dan di isi untuk Bantuan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB) ini sebagai berikut:

  1. Formulir Bantuan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB)
  2. Proposal pengajuan santunan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB)
  3. Surat Pernyataan Kesanggupan Melaksanakan Bantuan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB) Dan Laporan Pertanggungjawaban
  4. Panduan Laporan Bantuan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB) Melalui KKM/KKG/MGMP pada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Tahun Anggaran 2018
  5. Halaman pengakuan pelaporan
  6. Lampiran rekomendasi / surat keterangan aktif
  7. Lampiran isu program serah terima uang
  8. Catatan untuk laporan keuangan/pembiayaan
  9. Contoh kwitansi honor
  10. Contoh Kuitansi Transport Narasumber
  11. Contoh daftar penerimaan transpor panitia
  12. Contoh kwitansi ATK
  13. Contoh faktur barang
  14. Contoh kwitansi konsumsi
  15. Contoh sertifikat
  16. Contoh biodata peserta

Download Petunjuk Teknis Bantuan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB) melalui KKM / KKG / MGMP



Semuanya dapat anda download pada link di bawah ini:
Petunjuk Teknis Bantuan PPKB

Demikian dari kami perihal Petunjuk Teknis Bantuan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB), agar dapat memperlihatkan manfaat untuk peningkatan kualitas guru / pendidik. Amin...

No comments:

Post a Comment