Monday 25 March 2019

Jadi Bakir Pola Model Evaluasi Kelas Sd Mi Kurikulum 2013


Penilaian kelas merupakan suatu proses yang dilakukan melalui langkah-langkah perencanaan, penyusunan alat penilaian, pengumpulan warta melalui sejumlah bukti yang memperlihatkan pencapaian hasil berguru penerima didik, pengolahan, dan penggunaan warta wacana hasil berguru penerima didik. Penilaian kelas dilaksanakan melalui banyak sekali teknik/cara, menyerupai evaluasi unjuk kerja (performance), evaluasi sikap, evaluasi tertulis (paper and pencil test), evaluasi proyek, evaluasi produk, evaluasi melalui kumpulan hasil kerja/karya penerima didik (portfolio), dan evaluasi diri.

Penilaian hasil berguru baik formal maupun informal diadakan dalam suasana yang menyenangkan, sehingga memungkinkan penerima didik memperlihatkan apa yang dipahami dan bisa dikerjakannya.

Hasil berguru seorang penerima didik dalam periode waktu tertentu dibandingkan dengan hasil yang dimiliki penerima didik tersebut sebelumnya dan tidak dianjurkan untuk dibandingkan dengan penerima didik lainnya.  Dengan demikian penerima didik tidak merasa dihakimi oleh guru tetapi dibantu untuk mencapai kompetensi atau indikator yang diharapkan.

Isi pedoman ini meliputi konsep dasar evaluasi kelas, teknik penilaian, pengembangan indikator pencapaian hasil berguru sebagai alat penilaian, pengelolaan hasil evaluasi dan pemanfaatan serta pelaporan hasil penilaian. Dalam konsep penilaian, akan dijelaskan apa yang dimaksud dengan penilaian, manfaat penilaian, fungsi evaluasi dan rambu-rambu penilaian.

Teknik evaluasi akan menjelaskan banyak sekali cara dan alat penilaian. Pengelolaan hasil evaluasi memperlihatkan instruksi dalam menganalisis, menginterpretasi, dan memilih nilai pada setiap proses dan hasil pembelajaran. Pemanfaatan dan pelaporan hasil evaluasi meliputi pemanfaatan hasil, bentuk laporan hasil evaluasi dan penentuan kenaikan kelas.

Contoh Model Penilaian Kelas SD/MI K13

Demikian dari kami, agar bisa mambantu dan bermanfaat untuk kemajuan pendidikan di Indonesia. Amin...

No comments:

Post a Comment