Monday 25 March 2019

Jadi Bakir Cara Dan Teknik Evaluasi Pembelajaran Anak Paud Tk Ra


Beragam teknik sanggup dilakukan untuk mengumpulkan info wacana perkembangan dan pertumbuhan anak di TK. Teknik mengumpulkan info tersebut pada prinsipnya yakni cara evaluasi kemajuan perkembangan dan pertumbuhan anak menurut standar kompetensi dan kompetensi dasar yang harus dicapai. Penilaian kompetensi dasar dilakukan menurut indikator-indikator pencapaian hasil mencar ilmu yang memuat aneka macam aspek perkembangan.

Indikator-indikator pada setiap kompetensi dasar merupakan contoh yang dipakai untuk melaksanakan evaluasi dengan memakai alat dan cara evaluasi serta serangkaian prosedur.

a) Cara Penilaian


1) Pengamatan (Observasi)


Pengamatan (Observasi) yakni cara pengumpulan data untuk memperoleh info melalui pengamatan pribadi terhadap bidang pengembangan penyesuaian (agama, moral, sosial emosional, dan kemandirian) dan bidang pengembangan kemampuan dasar (kemampuan berbahasa, kognitif, fisik/motorik, dan seni) yang dilakukan sehari-hari secara terus menerus.

Agar observasi lebih terarah maka diharapkan buku bantu atau kertas catatan yang dikembangkan oleh guru untuk mencatat hal-hal yang dianggap dianggap perlu dan yang dituangkan dalam RKH.

2) Catatan Anekdot (Anecdotal Record)


Catatan anekdot yakni catatan wacana sikap dan sikap anak secara khusus yang terjadi pada anak secara insidental/tiba-tiba atau dalam situasi tertentu.

Contoh Format Catatan Anekdot Taman Kanak-kanak RA


b) Teknik Penilaian


1. Unjuk Kerja (Performance)


Penilaian unjuk kerja merupakan evaluasi yang dilakukan dengan mengamati aktivitas anak dalam melaksanakan sesuatu, contohnya praktek menyanyi, olah raga, bermain peran, memperagakan seni. Penilaian unjuk kerja perlu mempertimbangkan aspek-aspek yang diamati supaya sanggup dinilai.

Teknik evaluasi unjuk kerja sanggup dilakukan dengan memakai alat atau format instrumen daftar cek atau skala penilaian. Contoh Penilaian Kinerja Bidang Pengembangan PEMBIASAAN: Pada indikator "Berdoa sebelum dan setelah melaksanakan aktivitas kegiatan"

2. Menggunakan Daftar Chek



Catatan :

  • = Anak yang belum mencapai indikator menyerupai diharapkan dalam RKH atau dalam melaksanakan kiprah selalu dibantu guru.
  • √ = Anak menawarkan kemampuan sesuai dengan indikator yang tertuang dalam RKH.
  • 0= Anak yang sudah melebihi indikator yang tertuang dalam RKH atau bisa melaksanakan kiprah tanpa pertolongan secara tepat/cepat/ lengkap/benar.

3. Menggunakan Skala Penilaian


Format Penilaian Bernyanyi


Penjelasan:
Penilaian 1,2,3,dan 4, menawarkan tingkatan nilai yang diperoleh
  • 1 = belum berkembang
  • 2 = sudah berkembang
  • 3 = berkembang
  • 4 = mempunyai talenta khusus
Jika seorang anak memperoleh skor 24 sanggup ditetapkan "memiliki talenta khusus dalam bernyanyi".

4. Hasil Karya (Product)


Hasil karya yakni hasil kerja anak setelah melaksanakan suatu aktivitas sanggup berupa pekerjaan tangan atau karya seni. Penilaian hasil karya anak tidak diperoleh dari hasil selesai saja tetapi juga proses pembuatannya.

Contoh format evaluasi Produk : Contoh Penilaian Produk Bidang Pengembangan FISIK MOTORIK Pada indikator "Membuat aneka macam bentuk dengan memakai plastisin, playdough, tanah liat".

No comments:

Post a Comment