Tuesday 26 March 2019

Jadi Arif Pola Panduan / Pemikiran Evaluasi Paud Tk Ra Kurikulum 2013


Contoh Panduan / Pedoman Teknik Penilaian Hasil Pembelajaran PAUD Kurikulum 2013. Penilaian yakni PROSES mengumpulkan dan menafsirkan aneka macam isu secara sistematis, terukur, berkelanjutan, menyeluruh wacana tumbuh kembang yang telah dicapai penerima didik selama kurun waktu tertentu.

Contoh Panduan / Pedoman Teknik Penilaian Hasil Pembelajaran PAUD Kurikulum 2013 ini sangat penting dimiliki dan di pahami oleh sahabat guru PAUD; baik jenjang RA / Taman Kanak-kanak / KB. Sebagai pedoman evaluasi anak didik di forum / sekolah masing-masing untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini.

Mengumpulkan isu Melalui observasi, interview anak,orangtua, anggota keluarga lainnya dan guru-guru. Dokumentasi Melalui video, catatan harian, rekaman suara, foto, dll. Menganalisa Menggunakan teori-teori untuk memilih rekaman atau data-data sehingga berkaitan dengan teori.

Mengapa Penilaian?


  1. Mengetahui tumbuh kembang anak selama mengikuti program
  2. Umpan balik untuk memperbaiki kegiatan pembelajaran
  3. Dasar untuk optimalkan fisik dan psikis dengan memberi kegiatan yang sesuai minat dan kebutuhan anak
  4. Memberi isu kepada orang bau tanah biar bisa menjadi team bagi pendidik dalam melakukan pendidikan di rumah

Ciri-ciri evaluasi yang baik


  1. Mengandung pemahaman yang penting wacana perkembangan anak
  2. Terhubungkan dengan kurikulum
  3. Sesuai dengan sikap, pengetahuan dan keterampilan yang diukur
  4. Menghargai keberagaman dari kemampuan anak.
  5. Tidak menghabiskan waktu

Download Pedoman Penilaian PAUD Taman Kanak-kanak RA
Penilaian dilakukan oleh pendidik dengan memakai Pendekatan Otentik (Authentic Assessment). Pendidik yang memahami perkembangan anak menjadi syarat mutlak untuk sebuah evaluasi yang otentik

Penilaian Otentik berafiliasi dengan kondisi aktual dan dalam konteks yang bermakna.
Penilaian Otentik dilakukan pada dikala anak terlibat dalam kegiatan bermain (tugas) secara dapat bangkit diatas kaki sendiri atau bersama anak lain.

Aspek yang dinilai oleh pendidik meliputi semua aktivitas pengembangan yang ada dalam Kompetensi Dasar (KD) yang sesuai dengan usia dan tahap perkembangan anak; baik perilaku religius, sosial, pengetahuan, dan keterampilan.

No comments:

Post a Comment