Monday 25 March 2019

Jadi Akil Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini Berdasarkan Usia 0 - 6 Tahun


Anak lahir membawa potensi dan berwujud fisik maupun nonfisik; berupa qalb, akal, emosi, dan bermacam-macam kecerdasan .Dalam perjalanan waktu, setiap potensi yang dibawa oleh belum dewasa akan mengalami dua kemungkinan : tumbuh dan berkembang atau sebaliknya. Diantara tahapan perkembangan, para andal umumnya menyatakan bahwa masa kanak-kanak merupakan masa terpenting dalam rentang kehidupan manusia, masa yang sangat signifikan bagi tahap-tahap pertumbuhan dan perkembangan selanjutnya.

Perkembangan merupakan suatu proses yang progresif, yang terus maju dan tidak mundur, tidak kembali pada perkembangan semula, berkesinambungan, tidak statis, semenjak lahir hingga ia mati. Perkembangan yaitu hasil dari interaksi antara perubahan, pematangan, dan pengalaman (observasi yang intensif atas ketiga anaknya sendiri meyakinkan dirinya bahwa anak yaitu organism aktif yang mencari stimulasi dan menyusun pengalaman mereka sendiri tanpa instruksi atau pemrograman eksklusif dari lingkungan). Perkembangn berarti adanya perubahan dalam banyak sekali aspek (kognitif, sosial, fisik, dan emosi). Secara terperinci karakteristik perkembangan AUD sanggup dilihat sebagai berikut:

Karakteristik Perkembangan Anak Usia 0 – 6 Tahun

Usia 0-1 Tahun

  1. Fisik
    • Mengendalikan otot mata
    • Menggunakan seluruh panca inderanya
    • Mengangkat kepala saat ditengkurapkan
    • Mengendalikan gerakan kepala dan lengan
    • Telentang dan tengkurap sendiri
    • Menggenggam
    • Mengendalikan leher dan tangan
    • Duduk
    • Merangkak
    • Berdiri
    • Berjalan
  2. Sosial
    • Tidak berdaya
    • Asosial
    • Makan dibantu orang lain
    • Memperhatikan dan tersenyum pada wajah yang dikenalnya
    • Senang diayun
    • Mengenali ibunya
    • Mengenali orang yang dikenalnya dan orang asing
    • Tersenyum dengan tujuan
    • Mengharapkan diberi makan, dimandikan dan diberi pakaian
    • Senang bermain ciluk ba
    • Merespon jikalau dipanggil namanya
    • Melambaikan tangan
    • Mengerti kata “tidak!”
    • Memberi dan mendapatkan sesuatu
  3. Emosional
    • Secara umum masih suka tegang
    • Ada senyuman di wajah
    • Tidak nyaman
    • Senang di peluk-peluk
    • Terbangun kelekatan emosional yang khas dengan ibunya
    • Memprotes jikalau dipisahkan dari ibu
    • Rasa marah
    • Rasa cinta
    • Takut pada orang asing
    • Muncul rasa ingin tahu
    • Mengeksplorasi lingkungan
  4. Kognitif
    • Merupakan tahap “hilang dari pandangan, hilang dari fikiran” (object performance)
    • Rasa ingin tahu yang sangat terhadap segala sesuatu yang sanggup dilihatnya.
    • Menangis
    • Membentuk sepatah kalimat
    • Mengeluarkan suara-suara untuk mencari perhatian
    • Tertarik pada gambar-gambar berwarna, musik dan nyanyian
    • Dapat mengucapkan satu kata, ibarat "mama" dan "dada"

2 Tahun

  1. Fisik
    • Berjalan dengan baik
    • Naik turun tangga sendiri
    • Mandiri untuk toileting
    • Bisa menggunakan sendok dan garpu
    • Membalik halaman buku
    • Menendang bola
    • Berusaha untuk menggunakan baju sendiri
    • Membangun menara dari 6 balok
  2. Sosial
    • Bermain soliter
    • Bergantung pada petunjuk orang dewasa
    • Bermain dengan boneka
    • Bisa menunjuk dirinya jikalau dipanggil namanya
    • Belum matang secara sosial
    • Bisa melakukan perintah sederhana
  3. Emosional
    • Sangat self-centered
    • Mulai mengerti wacana identitas diri dan kepemilikan
    • Posesif
    • Sering berlaku negatif
    • Sering frustrasi
    • Belum memilki kemampuan untuk memilih
    • Menyenangi pelukan, belaian
    • Tidak simpel berubah
    • Mulai mandiri
    • Lebih responsif terhadap humor dan gangguan daripada thdp disiplin dan penjelasan
  4. Kognitif
    • Mulai berkata-kata
    • Membuat kalimat sederhana terdiri dari 2 kata
    • Memiliki kosa kata 272 kata
    • Memahami pengarahan sederhana
    • Bisa meng identifikasi gambar sederhana
    • Senang lihat-lihat buku-buku
    • Rentang perhatian masih rendah
    • Memainkan puzzle sederhana

3 Tahun
  1. Fisik
    • Sudah bisa berlari dengan baik
    • Melangkah dengan berirama
    • Bisa berdiri satu kaki
    • Mengendarai sepeda roda 3
    • Menirukan gerakan menyilang
    • Sudah bisa makan sendiri
    • Mengguna kan kaos kaki dan sepatu
    • Melepas dan mengancingkan baju
    • Membangun menara dari 10 balok
    • Menuang air dari teko
  2. Sosial
    • Bermain paralel
    • Menikmati kebersamaan dengan orang lain
    • Menunggu giliran
    • Mengenali jenis kelaminnya
    • Menikmati permainan berkelompok yang tidak memerlukan keterampilan khusus tapi sebentar
    • Merespon terhadap isyarat yang sifatnya verbal
  3. Emosional
    • Senang untuk ditenangkan
    • Bersikap santai
    • Menanggapi perubahan lebih tenang
    • Merasa lebih aman
    • Rasa kepemilikan lebih tinggi
    • Mulai bahagia menjelajah
    • Menikmati musik
  4. Kognitif
    • Menyebutkan kalimat pendek
    • Memiliki kosa kata 896 kata
    • Perkembangan komunikasi sangat pesat
    • Menyampaikan kisah sederhana
    • Hasil pedoman disampaikan melalui kata-kata
    • Ingin memahami lingkungan
    • Menjawab pertanyaan
    • Berimajinasi
    • Bisa menyanyikan beberapa lagu anak-anak

4 Tahun

  1. Fisik
    • Bisa engklek
    • Menggambar “orang”
    • Mulai menggunting dengan gunting
    • Dapat membasuh dan mengeringkan wajah
    • Bisa menggunakan pakaian sendiri kecuali menalikan pita
    • Melempar bola
    • Keinginan bergerak tinggi
  2. Sosial
    • Bermain kooperatif
    • Menikmati ditemani anak lain
    • Senang berlaku sosial
    • Bisa bermain games sederhana
    • Talkative
    • Terampil
  3. Emosional
    • Yakin terhadap diri
    • Bertingkah laris agak keluar batas
    • Seringkali negatif
    • Kadang-kadang menentang
    • Suka mengetest diri sendiri
    • Ingin diberi kebebasan
  4. Kognitif
    • Sudah bisa menciptakan kalimat secara lengkap terdiri dari 4 kata
    • Memiliki kosa kata 1540 kata
    • Terus-terusan bertanya
    • Belajar untuk menggeneralisasi
    • Sangat imajinatif
    • Bermain drama
    • menggambar obyek yang bisa dikenali

5 Tahun

  1. Fisik
    • Bisa melompat dan meloncat
    • Berpakaian sendiri
    • Memiliki keseimbangan yg baik
    • Gerakan otot-otot lebih lancar
    • Mengendarai mobil-mobilan dan skuter
    • Menuliskan huruf-huruf sederhana
    • Penggunaan tangan yang mayoritas lebih terlihat
    • Bisa menalikan sepatu
    • Kemampuan motorik halus anak wanita berkembang 1 tahun lebih cepat dari anak laki-laki
  2. Sosial
    • Bermain kooperatif tingkat tinggi
    • Punya sahabat akrab
    • Sangat terorganisir
    • Menikmati permainan meja yang menggunakan hukum giliran
    • Masuk sekolah
    • Merasa besar hati dengan apa yang dimilikinya
    • Bersemangat untuk mengambil suatu tanggungjawab
  3. Emosional
    • Percaya diri
    • Stabil
    • Bisa beradaptasi dengan baik
    • Senang mengasosiasikan dengan ibu
    • Kapabel
    • Punya kritik diri
    • Menikmati tanggungjawab
    • Menyukai dan bisa mengikuti hukum main
  4. Kognitif
    • Memiliki kosa kata 2,072 kata
    • Bercerita dongeng yang panjang
    • Menjalankan isyarat dengan baik
    • Membaca namanya sendiri
    • Bisa menghitung hingga 10
    • Menanyakan arti dari kata-kata
    • Mengenal warna
    • Mulai mengetahui perbedaan antara fakta dan kebohongan
    • Tertarik akan lingkungan sekeliling

6 Tahun

  1. Fisik
    • Berjalan mundur dengan jinjit atau tumit
    • Lompat tali sebanyak 3 – 10 lompatan berturut-turut
    • Berlari ke depan sambil menendang bola yang menggelinding
    • Berjalan diatas titian dengan jinjit atau tumit
    • Melempar bola dengan perilaku yang benar
    • Melipat kertas secara diagonal dan merapihkan
    • Menggunakan pinsil dan penghapus
    • Menggambar orang dengan lengkap
    • Menirukan bentuk persegi panjang, segitiga, belah ketupat
    • Menyusun menara 12 balok
    • Menggunting bentuk
  2. Sosial
    • Bermain bersama dengan 1 atau 2 anak selama 20 menit
    • Bermain 2 atau 3 permainan meja (halma, ular tangga dll)
    • Bermain permainan dengan hukum yg sederhana
    • Bekerja dalam kelompok kecil sedikitnya selama 20 menit
    • Membual/membesar-besarkan cerita, bahagia humor
    • Dapat melihat perbedaan antara sekolah dan rumah
    • Mungkin akan menggunakan kalimat: "Bu guru bilangnya ………."
    • Dapat bermain sendiri dengan mainannya
    • Mungkin menirukan karakter di TV
    • Membentuk persahabatan dengan 1 atau 2 sahabat sebaya
  3. Emosional
    • Menjadi frustasi jikalau gagal dan tidak mau minta dukungan orang lain
    • Ingin mengerjakan sesuatu sendiri
    • Mulai memban-dingkan prestasinya dengan orang lain
    • Sangat menginginkan apa yang dimiliki orang lain
    • Menanggapi dengan bahagia hati apa yg terjadi disekelilingnya dan memperhatikan detil-detil kecil, mahluk hidup, dan fenomena alam
  4. Kognitif
    • Memiliki kosa kata lebih dari 3.000 kata
    • Biasanya menikmati tugas-tugas yg berkaitan dengan angka
    • Belajar lebih banyak mengenai lantaran jawaban dan menikmati bereksperimen
    • Mulai menggambar dengan detil
    • Menikmati pekerjaan dengan warna dan pola
    • Menjawab pertanyaan dari suatu cerita
    • Bercerita dengan alur dari awal hingga akhir
    • Mengeja suatu kata
    • Menulis abjad dan angka secara mandiri

No comments:

Post a Comment