Monday 25 March 2019

Jadi Bakir Pengertian Dan Komponen Pendidikan Dalam Pembelajaran Paud Ra Tk


Dalam arti luas pendidikan yakni segala bentuk pengalaman berguru yang berlangsung dalam lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat untuk berbagi kemampuan seoptimal mungkin semenjak lahir hingga simpulan hayat. Dalam arti sempit, pendidikan identik dengan persekolahan di mana pendidikan dilakukan dalam bentuk acara pembelajaran yang terprogram dan bersiklus secara formal.

Pendidikan merupakan suatu sistem yang terdiri dari komponen-komponen yang satu sama lain tidak sanggup dipisahkan dan saling bekerjasama satu sama lain.

Komponen-komponen tersebut meliputi:

  • tujuan pendidikan,
  • peserta didik,
  • pendidik,
  • kurikulum,
  • fasilitas pendidikan, dan
  • interaksi edukatif.

Para hebat pendidikan anak beropini bahwa pendidikan Taman Kanak-kanak merupakan pendidikan yang sanggup membantu menumbuhkembangkan anak dan pendidikan sanggup membantu perkembangan anak secara wajar. Pada hakikatnya pendidikan TK/usia dini yakni santunan upaya untuk menstimulasi, membimbing, mengasuh, dan menyediakan acara pembelajaran yang akan menghasilkan kemampuan dan keterampilan pada anak. Pendidikan anak usia dini pada hakikatnya yakni upaya untuk memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan anak.

Hakikat Pembelajaran di Taman Kanak-kanak


Pada hakikatnya anak itu unik, mengekspresikan perilakunya secara relatif spontan, bersifat aktif dan energik, egosentris, mempunyai rasa ingin tahu yang kuat, antusias terhadap banyak hal, bersifat eksploratif dan berjiwa petualang, kaya dengan fantasi, gampang frustrasi, dan mempunyai daya perhatian yang pendek. Masa anak merupakan masa berguru yang potensial.

Kurikulum untuk anak usia dini/TK harus benar-benar memenuhi kebutuhan anak sesuai dengan tahap perkembangan dan harus dirancang untuk menciptakan anak berbagi potensi secara utuh. Baik Kurikulum Taman Kanak-kanak 1994 maupun Kurikulum Taman Kanak-kanak 2004 intinya sama memuat aspek-aspek perkembangan yang dipadukan dalam bidang pengembangan yang utuh yang meliputi bidang pengembangan sikap melalui penyesuaian dan bidang kemampuan dasar.

Pembelajaran anak usia dini/TK pada hakikatnya yakni pembelajaran yang berorientasi bermain (belajar sambil bermain dan bermain sambil belajar), pembelajaran yang berorientasi perkembangan yang lebih banyak memberi kesempatan kepada anak untuk sanggup berguru dengan cara-cara yang tepat. Pendekatan yang paling sempurna yakni pembelajaran yang berpusat pada anak

No comments:

Post a Comment