Sunday 19 September 2021

Lebih Berilmu Panduan Penggunaan Aplikasi Dapodikdas 2014 (Generasi Ke-3) Tahun Pelajaran 2014/2015

Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...

Alhamdulillaah… Mulai hari ini (Senin, 04 Agustus 2014), acara di sekolah dimulai kembali dengan tahun pedoman gres 2014/2015. 

Sebelumnya selaku pribadi saya menghaturkan ucapan selamat merayakan hari raya idul fitri 1435 H, dan atas segala kekhilafan, kekurangan, ataupun kesalahan selaku pribadi sekaligus admin blog ini, mungkin komentar yang belum sempat saya respon, balasan yang kurang memuaskan, ataupun share gosip yang kurang berkenan pada seluruh pihak, mohon maaf lahir dan bathin.

Di awal tahun pelajaran yang gres ini, di mana pada tahun sebelumnya aplikasi Dapodikdas sudah 2 kali tahun pedoman dirilis mulai tahun pelajaran 2012/2013 (Dapodik 2012), yang gres saja terlewat yakni aplikasi Dapodikdas 2013/2014 (Dapodikdas 2013), ketika ini telah disambut dengan adanya aplikasi versi gres di tahun ke-tiga (aplikasi Dapodikdas generasi ke-3 / aplikasi Dapodikdas 2014), yang kemungkinan besar akan dirilis pada bulan Agustus 2014 ini juga.

Oleh lantaran itu, sehubungan dengan adanya aplikasi Dapodikdas 2014 yang akan segera "lahir", berikut ini saya share Panduan Aplikasi Dapodikdas 2014 dari Bpk. Obeng Bunhaw, modul panduan aplikasi Dapodikdas 2014 dari dia ini tentunya sangat bermanfaat bagi operator sekolah sebagai materi persiapan yang sanggup kita baca-baca dan pelajari terlebih dahulu, setidaknya untuk tahap pengenalan/orientasi awal pada tampilan maupun fitur-fitur aplikasi Dapodikdas 2014 yang akan segera kita gunakan.

A. TAHAP PERSIAPAN

Sebelum melaksanakan intalasi aplikasi Dapodikdas Versi Ke-3 (Dapodikdas 2014) yang harus dilakukan diantaranya sebagai berikut :

1.   Persiapkan Kode Registasi Dapodikdasnya (Koreg. sama dengan yang dipakai pada aplikasi Dapodikdas 2013)
2.   Uninstall dulu aplikasi Dapodikdas versi sebelumnya (Dapodikdas 2013)
3.   Membersihkan history data browser/clear browser data, supaya lebih gampang sanggup memakai aplikasi cleaner, misalnya CCleaner. Bagi yang belum langkah-langkah clear browser data saya kasih rujukan di chrome saja, caranya sebagai berikut :
·      Klik icon Setting/Pengaturan di Chrome (lihat gambar)

·      Setelah diklik setting lanjutkan dengan mengklik Show Advanced Setting

·      Setelah itu klik Clear Browsing Data


4.   Sebaiknya browser yang dipakai untuk default Dapodikdas ini Google Chrome, Opera V.16, Komodo, dll. Kecuali Firefox Mozila. (tapi kata P. Edy Vanhoten rencananya akan dibentuk browser khusus untuk Dapodikdas ini).
5. Download Aplikasi Dapodikdasnya dan jangan lupa download pula File Prefillnya, untuk mendownload aplikasinya di alamat : http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/laman/unduh sedangkan untuk mengunduh file prefillnya di alamat: http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/laman/prefill.
6.   Jangan lupa pengaturan date and time (tanggal dan waktu) di laptop/dekstop anda harus sesuai dengan ketika ini (waktu Indonesia / Jakarta).
7.   Saya sarankan jangan memakai komputer (laptop/dekstop) yang lagi sakit, kalau "OSnya" sudah batuk-batuk atau flu lebih baik di goyang INUL (INstall ULang) dulu deh.

B. TAHAP INSTALASI APLIKASI DAPODIKDAS

Pada tahap instalasi, rekan-rekan operator sekolah niscaya sudah pada faham, tapi mungkin untuk mengingatkan saja saya akan jelaskan secara singkat langkah-langkah instalasinya sebagai berikut:

1.   Buat new folder di Drive C (local disk C) dengan nama “prefill_dapodik
2.   Moving (cut dan paste) file Prefill yang sudah berhasil didownload ke folder prefill Dapodik tsb.
3.   Klik kanan pada installer Dapodikdas (yang sudah berhasil didownload) kemudian pilih dan klik Run As Administrator

4.   Untuk selanjutnya tinggal klik lanjut, lanjut hingga selesai/finish.

C. TAHAP REGISTRASI DAN PENGISIAN/ENTRY DATA DAPODIKDAS 2014

Ditahap pengisian data sebaiknya dilakukan tab demi tab, sajian demi sajian secara berurutan supaya pengerjaannya ada alur ceritanya.. beuh kaya film saja ada alurnya, saya sarankan alur ceritanya alur maju bukan alur bulak balik ha.ha.ha. Sudahlah tidak usah banyak cingcong kita pribadi saja kelangkah-langkahnya, ialah sebagai berikut:

1.   Tahap Registasi

-   Pada tampilan awal klik pilihan registasi, kemudian muncul kolom registasi. Silahkan oleh anda isi dengan baik dan benar (user/email, Nope, Nama) harus yang masih hidup. Saya sarankan password harus kata yang selalu gampang diingat.

-     Setelah diisi kolom registasi tersebut, klik simpan dan harus berhasil. Jika sudah berhasil kita lanjutkan ke tahap selanjutnya.

2.   Tahap Login/Masuk (awas jangan nanya masuk ke mana)

-   Setelah anda berhasil registasi yang harus dilakukan yaitu login ke aplikasinya, sebelum login harus diperhatikan dulu periode aktifknya, pastikan periode : Ganjil/2014-2015

-     Masukkan user/email dan password yang dipakai dan klik login

3.   Tab Beranda

Setelah berhasil login perhatikan di Tab beranda utamanya di identitas sekolah, apakah sudah benar identitas sekolahnya, jangan-jangan sekolah orang lain lantaran memakai koreg dan prefill yang salah.

Selain itu di tab Beranda di versi ini ditampilkan pula link-link penting yang bekerjasama dengan Dapodikdas.

4.   Tab Sekolah

Pada bab ini hampir sama saja dengan versi sebelumnya, anda tinggal melengkapi bila belum lengkap atau menambahkan data baru. Cuma yang membedakan di data rinci sekolahnya. (lihat gambar)

Lengkapi semua data yang diminta (jika ada) mulai dari Data Periodik sekolah, Sanitasi, Blockgrant/Bantuan Dana, Akreditasi, dan Program Inklusi.

Rekan tidak perlu gundah untuk mengisi field atau kolom-kolom yang diminta pada setiap bab data rinci sekolah karna ada sajian derma (?). klik saja icon tandatanya (?) tersebut. 

Jangan lupa setiap mau mengisi data di tab-tab tersebut, klik sajian tambah dan bila sudah selesai mengisi jangan lupa klik simpan.

5.   Tab Peserta Didik

Pada bab ini saya akan mengajak rekan-rekan hal-hal apa saja yang akan dilakukan terlebih dahulu. Hal-hal yang akan dilakukan terlebih dahulu pada Dapodikdas 2014 di tab penerima didik yaitu:

-     Meregistasi penerima didik yang sudah keluar/lulus/mutasi. Caranya cari dan pilihlah penerima didik yang sudah keluar/lulus/mutasi kemudian klik registasi, dalam kolom registasi penerima didik tersebut tinggal isi keluar lantaran dan tanggal keluar kemudian klik save and close.
-     Menambahkan/atau memasukan PD baru kalau SD untuk kelas satu tinggal klik tambah siswa kelas 1, kalau Sekolah Menengah Pertama tinggal klik tambah, kemudian isi data/field yang harus dilengkapinya.
-    Menambahkan siswa gres pindahan/mutasi masuk, klik sajian tambah, kemudian lengkapi field yg diperlukan. Jika sudah selesai pindahkan ke tabel utama.
-     Meregistasi siswa baru yang sudah berhasil dipindahkan ke tabel utama dan isi datanya

-    Mengisi data periodik PD ganjil 2014/2015 baik siswa gres maupun siswa yang sudah ada pada aplikasi. Jika rekan2 hanya ingin mempermudah pekerjaan untuk data periodik siswa usang tinggal klik tombol action sajian dan pilih lanjutkan data periodik, tapi saran saya sebaiknya isi data dengan benar/sesuai supaya datanya menjadi berkualitas.
-     Untuk mengisi data periodik siswa gres caranya masih sama, pilih siswa yang akan diisi data periodiknya kemudian klik sajian ubah. Isi data rinci siswa tersebut baik data periodiknya, Prestasi dan beasiswanya (jika ada). Jika sudah jangan lupa klik simpan.


-     Mengisi/melengkapi data PD khusunya NIS bagi daftar Peserta Didik yang lama. Caranya pilih siswa kemudian klik registasi isi data yang belum dilengkapinya, kemudian save and close.
-     Mengecek kembali data Peserta didik mungkin saja ada yang belum lengkap atau masih kurang tepat, atau mungkin saja pindah alamat. Caranya klik ubah pada daftar siswa tersebut.

6.   Tab PTK

Pas pertama kali anda mengklik tab PTK akan muncul gosip menyerupai gambar berikut:

Anda tinggal klik OK saja, nanti akan otomatis di daftar PTK sdah ada PTK yg sdah teregistasi dan otomatis PTK keluar (di aplikasi sebelumnya) akan pindah ke tab PTK keluar.

Dimisalkan tidak otomatis muncul gosip di atas, anda jangan galau, lakukan hal berikut:
·      Klik Action Menu
·      Klik Salin Penugasan, kemudian OK.
Setelah muncul daftar PTK yang sudah terigistasi hal-hal yang harus dilakukan diantaranya sebagai berikut:

-     Mencentang keaktifan PTK, (pilih PTK dan klik penugasan)
-     Menambah PTK gres atau mutasi masuk (klik sajian tambah)
-     Mengeluarkan PTK / mutasi keluar
-     Melengkapi atau memasukan data gres di setiap PTKnya (klik ubah) Baik data Identitas PTK, Data Pribadi, Data Kepegawaian, Kompetensi Khusus, dan data Kontak PTK.
-     Melengkapi dan atau update data rincian PTK, mulai dari Anak, hingga dengan Riwayat Jabatan Fungsional.

SARAN SAYA: INGAT CEK DAN LIHAT KEMBALI SEMUA DATA PTK (SEMUA TABNYA)!!!!

7.   Tab Sarpras (Sarana dan Prasarana)

Pada bab ini tidak jauh berbeda dengan versi sebelumnya, yang harus anda lakukan hanya update data saja baik periodiknya maupun Sarpras barunya (jika ada).

Jika anda merasa keadaan data periodik sarprasnya masih sama saja dengan periode genap 2013/2014 anda tinggl klik Action Menu kemudian klik Lanjutkan Data Periodik. Nanti akan secara otomatis datanya akan terisi menyerupai data sebelumnya baik keadaan Sarprasnya maupun jumlah dan jenis Sarprasnya serta buku & alat. 

Saran saya sebaiknya dalam pengisian periodik disi manual lagi apa lagi di data periodik sarana, buku & alat, lantaran mungkin saja ada dingklik atau meja yang rusak atau ada ada yang gres dll. Silahkan cek dan hitung lagi ke setiap ruangan tersebut.

8.   Tab Rombel (Rombongan Belajar)

Mulai deh menjelaskan di tab Rombel. Adeuuh. Sepertinya di sini yang harus banyak dibahas apa lagi nanti pas bab pembelajaran. (mikir we ku olangan) he.hehe. Fitur gres pada tab rombel di Dapodikdas 204 yaitu Action Menu, yang berisi 2 pilihan, yaitu tampilkan data rombel yang terhapus dan kenaikan kelas.

Fitur kenaikan kelas tujuannya untuk menciptakan Rombel secara otomatis sehingga anggota Rombel akan ikut naik kelas, tapi itu semua perlu tahapan edit kembali, yang harus diedit kembali misalnya kurikulum, jenis Rombel, wali kelas, dan prasarana. Oleh alasannya itu saran saya sebaiknya lakukan secara manual saja menyerupai dulu he.he.

Jadi hal-hal yang harus dilakukan pada tab rombel ialah sebagai berikut:

-    Membuat Rombel (dengan cara klik tambah) isi dan pilih sesuai data yang akan dibuat. Janga lupa kalau sudah selesai harus berhasil disimpan.

-    Memasukan anggota rombel/memasukan PD ke rombel. Pilih rombel yang akan diisi anggota rombelnya kemudian klik anggota rombel. Setelah muncul lakukan drop and drag kalau siswa yang dituju sdah terpilih. Ingat perhatikan sebelum di pindahkan/drop and drag tentukan dulu jenis pendaftarannya apakah siswa baru, naik kelas, mengulang atau pindahan. Lakukan rombel demi rombel hingga tidak ada lagi daftar siswa yang belum masuk Rombel.

-     Mengisi pembelajaran. Dalam mengisi pembelajaran semua juga sudah tahu caranya, tinggal pilih Rombel yang dimaksud kemudian klik sajian pembelajaran. Nah yang jadi galau mungkin cara mengisi JJM dan mapel apa saja yang sesuai he.he.he.. pada dasarnya dalam mengisi JJM tersebut ya sesuaikan dengan struktur kurikulum yang ada di sekolah anda. Mungkin saya akan mencontohkan beberapa saja.

Oh iya hampir saja lupa dalam menentukan mapel untuk dikdas kebanyakan ada di hal 2. Ketik saja angka 2 di kolom Hal kemudian enter.

1.   Kelas 1 SD Kurikulum 2013

2.   Kelas 2 SD Kurikulum 2013

3.   Kelas 3 SD Kurikulum KTSP (Kurikulum 2006)

4.   Kelas 4 SD Kurikulum 2013

5.  Kelas 5 SD Kurikulum 2013. Sepertinya pengaturan JJM di kelas 5 SD kurikulum 2013 hampir sama dengan pengaturan pembelajaran di kelas 4 SD kurikulum 2013

6.   Kelas 6 SD Kurikulum KTSP (Kurikulum 2006)

7.   Kelas 7, 8, dan 9 Sekolah Menengah Pertama Kurikulum 2013. Sepertinya untuk Sekolah Menengah Pertama itu lebih gampang karna dalam aplikasi sudah disediakan mapel wajibnya sesuai kurikulum, dan untuk mapel komplemen ambilnya di mapel komplemen murni (point 3) kalau mengikuti Pergub Jabar No. 69 Tahun 2013 berarti ada komplemen mapel wajib jadi mulok Bahasa dan Sastra Sunda dimasukan ke mapel komplemen wajib (point 2)

D. TAHAP AKHIR

Jika tab demi tab, sajian demi menu, kolom demi kolo sudah di cek dan isi dan dilengkapi, silahkan anda kembali ke tab beranda kemudian lakukan refresh (Ctrl+F5).

Adakah perubahan di beranda tsb?!

Yang termasuk ke dalam tahap simpulan ini berdasarkan Obengs Bunhaw yaitu:

1.   Lakukan validasi apakah sdah higienis yang invalidnya alias tidak adak lagi yang invalid, kalau masih ada yang invalid cek ke TKP data yang masih invalid tsb. lakukan perbaikan lagi.
2.   Unduh Profil sekolah (klik profil sekolah) cek kembali mungkin saja ada data yang masih kurang tepat.
3.   Unduh Absensi. Cek kembali
4.   Unduh Excel Peserta Didik (di tab penerima didik pada action menu) cek kembali
5.   Unduh Excel PTK (di tab PTK pada action menu) cek and ricek kembali
6.  Jika semua udeh dicek dan diperbaiki kembali ke beranda klik validasi. Mudah2an sudah tidak ada yang invalid lagi mungkin yang tersisa tinggal warning saja itupun kalau ada.
7.  Silahkan lakukan syncronisasi hingga berhasil, minimal data perubahan di local sanggup terkirim semua ke server. Langkahnya:
-     Klik Sinkronisasi (di beranda)
-     Klik versi update versi sinkronisasi (di kolom sinkronisasi) hingga berhasil

-     Kemudian klik sinkronisasi
-     Tunggu proses sinkronisasi hingga ada keterangan selesai sinkronisasi
-     Cek daftar data perubahan kosong

-     Ced daftar data perubahan yang terkirim ke server harus sukses.

-     Klik close (pada kolom sinkronisasi) kemudian refresh dan cek di log sinkronisasi harus ada tanggal dan waktu mulai dan selesai proses sinkronisasi.

8.   Mengecek data di server sehabis melaksanakan sinkronisasi.

Tahap ini juga wajib dilakukan oleh rekan-rekan untuk mengambarkan apakah data anda sudah terkirim ke server. Caranya ane yakin rekan2 udeh pada tahu tinggal kunjungi alamat progres pendataan :  http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/ Kemudian klik progres, pilih Propinsi, Kab/kota, Kecamatan hingga dengan sekolah anda, masukan Kode Registasi aplikasi sekolah anda.

Cek data terbarunya sudah masuk apa belum ke server. Sepertinya rekan-rekan tidak perlu lagi dikasih klarifikasi ihwal ini lantaran rekan-rekan juga sudah pada faham. Terimakasih biar modul ini sanggup bermanfaat. Maaf ane yakin di dalam modul ini masih banyak salah kata, salah ketik, salah kalimat atau yang lainya.

Teliti dalam bekerja - Alon-alon asal kelakon
SALAM MAUNG KAJAJADEN - OBENGS BUNHAW

Grup FB Terkait dapodikdas : https://www.facebook.com/groups/infopendataan.dikdas

Panduan penggunaan aplikasi Dapodikdas 2014/2015 yang sanggup kita pelajari ini dalam format Pdf. Dari dia ini memuat dari tahap awal yakni cara instalasi Dapodikdas 2014, pengisian/entri data pada aplikasi Dapodikdas 2014, hingga cara kirim data (sinkronisasi) aplikasi Dapodikdas 2014.

Berikut links download Panduan Aplikasi Dapodikdas 2014-2015 di atas, silahkan klik di sini… Semoga share kali ini bermanfaat bagi kita semua dalam rangka rangka mempersiapkan diri sebagai Operator Sekolah dalam pendataan pendidikan Dikdas di tahun pelajaran 2014/2015 yang berkualitas… Amiin…

No comments:

Post a Comment