Friday 26 January 2018

Pasti Dapat Sekilas Wacana Unbk Di Sekolah

Sekilas wacana unbk di sekolah -  UNBK SMP/MTs, SMA/MA/K akan berlangsung pada bulan April 2019 mendatang. Anda orangtua/wali murid yang mempunyai anak penerima UNBK di jenjang sekolah tersebut mengkin perlu mengetahui wacana sistem ujian yang mulai  tahun 2014 ini.

wali murid yang mempunyai anak penerima UNBK di jenjang sekolah tersebut mengkin perlu menge PASTI BISA Sekilas Tentang UNBK di Sekolah
Ilustrasi siswa sedang simulasi unbk (tribunsolo.com)

UNBK ini pertama kali dimulai dan diterapkan untuk sekolah Indonesia di luar negeri secara online dan kemudian dicobakan di sekolah di Indonesia mulai tahun 2015 dan berlangsung hingga sekarang.

UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) merupakan pengembangan proses penilaian UNKP (Ujian Nasional Kertas dan Pensil). Pengembangan sistem ujian nasional ini menuntut sekolah penyelenggara menyiapkan kelengkapan kemudahan dan sarana serta sumberdaya yang dibutuhkan.

Media UNBK yakni komputer atau laptop. Media komputer sebagai UNBK memerlukan banyak sekali perangkat lunak (software) yang mendukung terselenggarannya penilaian tersebut.
Sekolah yang menyelenggarakan UNBK mempunyai ruang khusus untuk pelaksanaan UNBK. Ruangan ini dilengkapi dengan banyak sekali kemudahan ibarat jaringan listrik, server, LAN, koneksi internet dan operator.

UNBK memakai sistem semi-online. Artinya, soal ujian dikirim dari server sentra secara online. Pengiriman soal ini dilaksanakan melalui sinkronisasi server sentra ke server sekolah.
Ujian siswa dilayani oleh server sekolah secara offline dan alhasil dikirim kembali dari server sekolah ke server sentra secara online.

Sebenarnya pihak orangtua/wali murid tidak perlu terlalu was-was dengan penyelenggaraan UNBK ini. Peserta UNBK sudah diberi pengetahuan berikutnya akan diadakan simulasi dalam UNBK 2019.
Tingkat kesulitan soal UNBK sama dengan UNKP sehingga orang tua/wali murid perlu mendorong anak untuk berguru di rumah lebih ulet dan membagi waktu berguru dengan baik.

No comments:

Post a Comment