Friday 19 January 2018

Pasti Dapat Kiprah Pengawas Ruang Unbk Lebih Mudah Namun Berpeluang Timbulkan Kejenuhan

Tugas pengawas ruang unbk lebih mudah namun berpeluang timbulkan kejenuhan– Apa perlu ada simulasi buat pengawas ruang UNBK? Tentu saja perlu. Penyelengggaraan simulasi UNBK di sekolah penyelenggara, bahwasanya tidak hanya untuk siswa akseptor UNBK. Simulasi itu menyangkut semua pelaku kegiatan yang berkaitan dengan prosesi UNBK. Mulai dari proktor, teknisi, pengawas ruang dan peserta.

Tugas pengawas ruang unbk lebih mudah namun berpeluang timbulkan kejenuhan PASTI BISA Tugas Pengawas Ruang UNBK Lebih Simpel Namun Berpeluang Timbulkan Kejenuhan
Pengawas ruang simulasi UNBK sesekali berjalan dan mengamati komputer siswa untuk mengusir kejenuhan (Rahid S/matrapendidikan.com)

Simulasi UNBK pada hakikatnya suatu langkah uji coba pelaksanaan UNBK. Melalui kegiatan simulasi untuk proktor, teknisi, pengawas dan peserta, pelaksanaan UNBK sanggup dipersiapkan dengan baik.

Segala bentuk kekurangan yang ditemukan dalam pelaksanaan simulasi UNBK dijadikan sebagai materi penilaian dan perbaikan untuk menyiapkan UNBK. Selain itu pelaksanaan simulasi sanggup menjadi ajang latihan bagi penyelenggara UNBK.

Tugas pengawas ruang lebih simpel

Beberapa jam sebelum artikel ini diterbitkan, admin matrapendidikan.com bertugas mengawas di ruang simulasi UNBK pada mata pelajaran Bahasa Inggris sesi 2. Sesi 2 ini berlangsung dari pukul 10.30 WIB hingga 12.30 WIB (menurut jadwal).

Selama ujian berlangsung tidak terjadi permasalahan sehingga simulasi UNBK berjalan lancar. Ruangan ujian cukup aman meskipun di luar cuaca panas. Hal ini alasannya yaitu ruang ujian sudah mempunyai pendingin ruangan (air conditioner) dan kipas angin.

Ternyata pengawas ruang UNBK bertugas lebih mudah ketimbang pengawas UNKP. Kenapa jauh lebih sederhana dan tidak banyak kerja?

Pengawas ujian tidak lagi berurusan dengan yang namanya amplop soal ujian dan lembaran balasan siswa. Selain itu tidak lagi berurusan dengan kegiatan tulis-menulis mengisi data peserta, data pengawas, nama akseptor dan lain sebagainya. Begitu pula mengisi ketidakhadiran dan isu program UNBK.

Yang dibawa pengawas masuk ruang ujian hanyalah alat tulis untuk keperluan membubuhkan tanda tangan sebagai pengawas pada ketidakhadiran dan isu acara. Gampang bukan?

Kalau begitu apa saja kiprah pengawas ruang UNBK? Tugas pengawas ruang hanyalah memandu akseptor untuk memulai dan mengakhiri ujian, membubuhkan tanda tangan pada lembaran ketidakhadiran dan isu program yang sudah ada.

Berpeluang timbulkan kejenuhan

Aktivitas pengawas ruang UNBK berkurang, tidak lagi membawa amplop soal dan lembaran ujian. Tidak lagi membagikan soal dan lembaran balasan tersebut. Tidak lagi mengisi nama akseptor ujian dan isu acara.

Dan, tidak ada lagi kiprah mengumpulkan dan menilik kelengkapan lembaran jawaban, memasukkan ke dalam amplop hingga mengelem sampul lembaran balasan ujian.

Berkurangnya kegiatan pengawas ruang UNBK membuka peluang jenuh atau mengantuk ketika mengawas ujian selama 2 jam. Namun pengawas ruang tentunya akan punya banyak cara untuk mengusir rasa kantuk dan jenuh selama mengawas UNBK.
Pengawas ruang UNBK tidak akan menyentuh komputer. Soal komputer dan koneksi sudah diserahkan pada proktor dan teknisi. Yang ‘alergi’ dengan komputer tak perlu khawatir jikalau menerima kiprah sebagai pengawas ruang UNBK.

No comments:

Post a Comment