Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...
Penjelasan umum mengenai Aplikasi Rapor SD ini ialah sebagai berikut:
Penjelasan umum mengenai Aplikasi Rapor SD ini ialah sebagai berikut:
1. Aplikasi Rapor sanggup dipergunakan untuk menampung kompetensi dasar dan indikator yang diorganisasikan per sub tema, per tema dan per kelas.
2. Sebagai data awal, aplikasi ini sudah dilengkapi dengan kompentensi dasar dan indikator sebagaimana tercantum pada buku guru.
3. Apabila diperlukan, guru sanggup menambahkan kompentensi dasar dan atau indikator yang dibutuhkan untuk memperkaya pembelajaran. Apabila kompentensi dasar atau indikator yang ditambahkan tersebut tidak dibutuhkan lagi, sanggup dihapus dari daftar kompentensi. Guru tidak sanggup menghapus kompentensi dasar yang telah disiapkan sebagai data awal aplikasi ini.
4. Aplikasi Rapor menampung nilai hasil proses pembelajaran.
5. Nilai yang ditampung oleh aplikasi Rapor ini ialah nilai untuk indikator pada tiap kompetensi dasar.
6. Aplikasi Rapor akan mengolah nilai indikator menjadi nilai kompetensi dasar.
7. Aplikasi Rapor akan menyeleksi kompetensi dasar yang menonjol aktual dan negatif untuk tiap siswa.
8. Aplikasi Rapor akan mencetak deskripsi kompentensi dasar sesuai hasil butir 4.
9. Sebelum dijalankan, aplikasi ini harus disinkronkan terlebih dahulu dengan dapodik untuk pengisian data sekolah, pendidik dan tenaga kependidikan (ptk), rombel dan siswa.
10. Aplikasi sanggup di unduh di http://ditpsd.dikdas.kemdikbud.go.id
Menu Utama Pada Aplikasi Rapor SD ini ialah sebagai berikut:
1. Referensi
Melalui hidangan ini, pengguna sanggup mengolah data rujukan yang akan dipakai pada hidangan lainnya, seperti: Aspek Kesehatan, Tema, Sub Tema, Kompetensi Inti, Kompentensi Dasar dan Indikator.
2. Ekstrakurikuler
Melalui hidangan ini pengguna sanggup menambah, mengubah atau menghapus jenis aktivitas ekstrakurikuler dan anggota ekstrakurikuler. Menu Ekstrakurikuler terdiri dari sub-menu Master Ekstrakurikuler dan Anggota Ekstrakurikuler.
3. Pemetaan
Melalui hidangan ini pengguna sanggup melaksanakan pemetaan Mata Pelajaran yang ada pada Sub tema, Pemetaan Kompetensi Dasar dan Pemetaan Indikator. Pemetaan ini akan menetukan aspek yang akan dinilai pada setiap jenis penilaian.
4. Penilaian
Menu ini berfungsi untuk mengisi nilai setiap penerima didik pada seluruh jenis penilaian, seperti: Buku Harian Guru, Ulangan Harian, Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester. Pada hidangan ini juga pengguna sanggup mengisi Absensi Peserta Didik, Catatan Prestasi dan Penilan Pambahan (Saran- saran, Aspek Kesehatan dan Perkembangan Fisik Peserta Didik).
5. Rapor
Menu Rapor berfungsi untuk memproses pembuatan rapor sehingga dihasilkan bentuk keluaran rapor yang siap dicetak.
6. Tools
Pada hidangan ini pengguna sanggup melaksanakan sinkronisasi data dengan database dapodik, seperti: kurikulum, mata pelajaran, penerima didik, anggota rombel dan sebagainya.
7. Pengaturan
Menu Pengaturan berfungsi untuk mengelola Pengguna dan Group Pengguna.
MEMULAI PENGGUNAAN APLIKASI RAPOR SD
Pengguna dari Aplikasi ini ialah Guru Wali Kelas yang telah mempunyai NUPTK. Pada ketika aplikasi diinstal, maka sistem secara otomatis membaca database dapodik dan memasukan NUPTK yang ada pada daftar PTK di sekolah sebagai nama pengguna nya. Password untuk pertama kali diset sama dengan NUPTK. Sehingga guru-guru sebagai Pengguna Aplikasi ini Diwajibkan untuk mengubah Password masing-masing melalui akomodasi yang disediakan.
Untuk memulai memakai Aplikasi langkah-langkah yang dilakukan ialah sebagai berikut:
1. Klik 2 kali pada icon Aplikasi Rapor SD.
2. Selanjutnya pada layar akan muncul halaman login dari aplikasi sebagai berikut:
Gambar Halaman Login Aplikasi
3. Isi Nama Pengguna dengan NUPTK.
4. Isi Password pengguna. Password pengguna diset secara otomatis sama dengan Nama Pengguna (NUPTK). Sehingga pengguna diwajibkan untuk mengganti password sehabis login berhasil.
5. Pilih Tahun Ajaran dan Semester dimana nilai akan diisi.
6. Jika Pengguna berhasil login, maka akan ditampilkan halaman Selamat Datang menyerupai berikut:
Gambar Halaman Selamat Datang
7. Pada halaman tersebut, Pengguna sanggup mengakses Manuan/Petunjuk Penggunaan Aplikasi, caranya klik tombol Manual Penggunaan Aplikasi.
8. Pada halaman tersebut juga disampaikan Call Center Subdit Pembelajaran Direktorat Pembinaan SD yang diperuntukkan bagi saran komunikasi antara Pengguna (Sekolah) dengan Pihak Subdit Pembelajaran Direktorat Pembinaan SD sebagai pengelola aplikasi ini.
Mengganti Password
Untuk mengganti password, maka lakukan langkah-langkah sebagai berikut:
1. Klik icon berbentuk gerigi menyerupai yang ditunjukkan pada panah di gambar berikut.
Gambar icon untuk menu
2. Maka akan muncul hidangan menyerupai pada gambar berikut.
Gambar Meru Ganti Password
3. Pilih hidangan Ganti Password, maka akan muncul halaman untuk merubah Password menyerupai pada gambar berikut.
4. Isi Password Lama.
5. Isi Password Baru (minimum 8 karakter).
6. Isi Ulang Password Baru (minimum 8 karakter).
7. Klik tombol Ubah untuk menyimpan perubahan password tersebut.
8. Klik tombol Kembali untuk kembali ke halaman aplikasi.
No comments:
Post a Comment