Saturday 11 April 2020

Lebih Berilmu Manfaat Penting Blog Guru Untuk Media Pembelajaran Online / E-Learning Di Luar Sekolah

Sahabat Edukasi yang berbahagia…

Guru ngeblog di jaman kini ini tentu mempunyai imbas yang positif, di mana arus warta dan komunikasi hingga akomodasi internet pun semakin menjangkau hingga di daerah-daerah pelosok. 

Oleh karenanya, hal ini hendaknya menjadi momentum sempurna untuk mengakibatkan akomodasi online yaitu blog sebagai salah satu sarana alternatif pembelajaran di luar sekolah.

Saat ini tak sanggup dipungkiri lagi, jaman gadget dan kemajuan teknologi terkini menciptakan beberapa anak yang masih duduk di kursi di sekolah dasar pun telah banyak yang mempunyai gadget canggih yang dilengkapi akomodasi internet. 

Hal ini dikarenakan harga gadget yang semakin terjangkau oleh lapisan menengah ke bawah.

Beberapa pelajar pada tingkat Sekolah Menengah Pertama bahkan sudah banyak yang mempunyai akun Facebook maupun Twitter yang telah dikendalikan sendiri. Dan bagi beberapa orangtua yang kebetulan masih awam wacana teknologi komunikasi terkini, akan mempunyai resiko lebih akan penyalahgunaan akomodasi internet oleh putra-putrinya.

Untuk itu, guru sebagai orang renta kedua di sekolah yang dipastikan sedikit banyak telah menguasai TIK khususnya media online berperan dalam mengarahkan penggunaan kasatmata internet yang sudah dikenal luas di kalangan akseptor didik sekaligus menyediakan sesuatu media pembelajaran online yang menyenangkan bagi mereka.

Banyak anak tahu dan sanggup menciptakan akun media umum terkadang bukan dari gurunya akan tetapi sanggup berguru dari kakaknya, teman, hingga lingkungan di masyarakat di mana ia tinggal. Oleh sebab itu, hal ini perlu disikapi secara serius biar kiranya hal-hal negatif penggunaan internet sanggup diminimalisir sedini mungkin, dan bahkan penggunaan internet di kalangan pelajar sanggup diarahkan ke hal-hal yang kasatmata ibarat halnya adanya blog pembelajaran oleh guru.

Salah satu contohnya, bila gurunya di sekolah mempunyai blog, maka PR (pekerjaan rumah) yang biasanya di rumah sanggup difasilitasi memakai blog gurunya tersebut. Selanjunya, bila ada momen di kelas yang positif, sanggup kita bilang ke anak, “Nanti ini akan diunggah di internet”, dengan begitu sang anak pun semakin bersemangat untuk melaksanakan hal kasatmata sebab akan dimasukkan internet, dan banyak sekali cara kasatmata lainnya.

Penting dibaca : Belajar Internet dari Internet

Bagi guru yang telah menguasai beberapa aktivitas tertentu malahan sanggup menciptakan sebuah e-Learning pembelajaran yang lebih intensif bagi akseptor didiknya dengan adanya akomodasi login khusus bagi setiap akseptor didiknya.

Saya sendiripun hingga ketika ini masih belum sanggup merealisasikan sepenuhnya hal ini, namun langkah awal telah dimulai, blog ini pun sebagai salah satu media yang dilihat oleh akseptor didik saya, semoga sanggup menginspirasi mereka, blog khusus E-Learning pun sudah dipersiapkan untuk sekolah di mana saya bertugas hingga nantinya ada sarana dan prasarana pendidikan sekolah yang mendukung, maka akomodasi E-Learning yang sudah terbangun ini tinggal launching dan membuatkan saja bersama rekan-rekan guru lainnya.

Yang jelas, situasi dan kondisi serba online telah dimulai. Maka pembelajaran berbasis online pun sebaiknya dipersiapkan untuk mengisi pembelajaran siswa di luar sekolah ibarat halnya adanya blog guru khusus untuk pembelajaran bagi akseptor didiknya. Semoga bermanfaat dan terimakasih… …!

No comments:

Post a Comment