Sunday 11 February 2018

Pasti Dapat Membuatkan Ilmu Itu Indah

Berbagi ilmu itu indah – Benar kata orang bijak, mengembangkan itu indah. Kenapa indah? Karena mengembangkan sesuatu dengan orang lain akan mendatangkan kepuasan dan kesenangan. Dilakukan dengan niat dan I’tikad baik serta keikhlasan. Tujuan utamanya mengharap ridho dari Allah SWT.

 Karena mengembangkan sesuatu dengan orang lain akan mendatangkan kepuasan dan kesenangan PASTI BISA Berbagi Ilmu Itu Indah

Indikasi mengembangkan itu memang indah, terlihat dari ucapan, sikap dan tingkah laris seseorang dalam membagikan sesuatu. Apakah orang itu senang, bangga dan berwajah simpatik saat membagikan sesuatu kepada orang lain. 

Begitu pula ucapannya, paling tidak menyejukkan hati orang yang diberi atau pun yang melihatnya.

Tidak berbeda jauh dengan mengembangkan ilmu.  Barangkali seorang guru ialah orang yang suka mengembangkan ilmu kepada muridnya. 

Guru disini tidak hanya guru di forum formal. Guru di forum non formal, atau seseorang yang dianggap guru alasannya ialah mempunyai ilmu dan keahlian di bidang tertentu, meskipun umurnya lebih kecil dari usia kita.

Kalau begitu, jadi guru itu, baik guru di forum formal, non formal atau dianggap sebagai guru, tentulah menyenangkan. Berbagi ilmu dengan murid akan menjadi indah apalagi dilandasi dengan niat dan I’tikad baik serta keikhlasan.

Itu juga dikutip dari orang-orang bijak.

Kenyataannya memang benar kata-kata orang bijak. Mengajarkan ilmu kepada murid memang indah dan menyenangkan. Memang, murid di suatu kelas terdiri dari individu heterogen dengan aneka karakter.

Kadang-kadang, mereka mengatakan huruf yang tidak diingini. Guru mau mengembangkan ilmu dalam kelas tetapi murid seakan tidak mau diberi ilmu. Bahkan mengatakan sikap dan sikap menyimpang sehingga mengganggu proses pembelajaran.
Mungkin, guru perlu selalu ingat, mereka ialah individu yang sedang mencari jati diri. Mereka butuh bimbingan untuk diluruskan oleh guru melalui banyak sekali taktik dan metode mengajar.

Memang, suatu taktik yang sudah disiapkan dalam perangkat mengajar yang bagus, kadangkala tidak mempan diterapkan di dalam kelas.  

Oleh alasannya ialah guru mengusung visi mengembangkan ilmu itu indah. Guru tidak akan kehabisan nalar dalam menghadapi situasi yang tidak menguntungkan itu. 

Guru punya trik dan kiat untuk menghadapi dinamika kelas yang cukup tinggi. Kalau perlu guru keluar dari jalur perangkat pembelajaran dan memakai metode Gado-Gado.
Demikianlah secuil ide ihwal mengembangkan ilmu itu indah hidangan matrapendidikan.com kali ini. Mudah-mudahan benar-benar menjadi ide buat kita semua.

No comments:

Post a Comment